Pemilu 2024 Kian Dekat, PKB: Target 100 Kursi DPR Bukan Mustahil

Rakorwil DPW PKB Sulawesi Selatan
Rakorwil DPW PKB Sulawesi Selatan di Kota Makassar, Sabtu (10/12/2022). (f/pkb)

MAKASSAR, Mjnews.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus memantapkan persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 yang tinggal sekitar setahun lagi.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya terus melakukan konsolidasi nasional di berbagai wilayah untuk mencapai target perolehan kursi yang sudah ditetapkan yakni 100 kursi DPR RI.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, target tersebut bukan sebuah mimpi yang mustahil dapat dicapai. “Target perolehan kursi dari 58 ke 100 bukan target gampang memang. Ini berat, tapi bukan mustahil. Masih ada 33 dapil kosong yang kita belum punya dan harus diisi,” ujar Gus Jazil- sapaan akrab Jazilul Fawaid- saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW PKB Sulawesi Selatan di Kota Makassar, Sabtu (10/12/2022).

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan bahwa salah satu kunci kemenangan adalah penataan struktur kepartaian di semua tingkatan mulai dari tingkat Ranting, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Sejauh ini PKB sudah menyusun kepengurusan di semua tingkatan. “Kunci kedua tentunya kekuatan bacaleg makanya kami sejak awal Oktober lalu sampai Desember ini membuka pendaftaran caleg online mulai DPRD II, provinsi dan pusat,” tuturnya.

Baca Juga  Podcast di Aceh, LaNyalla dan Refly Harun Bicara Presiden 2024

Selain itu, dengan modal 58 kursi di DPR RI atau setara 13,5 juta suara (9,6%), PKB juga berharap bisa mengusung ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) sebagai calon presiden atau calon wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang. “Kita perlu menggelar rakor seperti ini karena kita ingin ada sinkronisasi perolehan suara di pusat dengan daerah sehingga nantinya semua caleg bisa sinergi,” urainya.

Gus Jazil menyebut dengan manajemen pemenangan yang baik maka target perolehan 100 kursi DPR RI diyakini bisa tercapai. “Dalam pemilu selalu ada keajaiban. Pemilu 1999 Golkar yang begitu kuat di masa Orde Baru, bisa kalah. PKB yang baru pertama kali ikut pemilu saat itu, bisa menjadikan Gus Dur Presiden. Semoga 2024 kita bisa menjadikan Gus Muhaimin presiden atau wakil presiden,” katanya.

Baca Juga  Gus Muhaimin: Koalisi Cair, Semua Parpol Masih Penjajakan

Karena itu, Gus Jazil mengajak semua pengurus dan kader PKB di semua tingkatan untuk bekerja keras menyiapkan Pemilu 2024 semaksimal mungkin. “Kita kombinasi kerja dan doa. PKB jauh-jauh hari mencalonkan Gus Muhaimin sebagai capres untuk memberikan contoh kepada para kader. Kalau tidak Ketum yang berikan contoh maju, siapa lagi?” ungkapnya.

Menurutnya, PKB memiliki modal besar basis pemilih dari kalangan santri dan Nahdlatul Ulama (NU). Namun, sebagai partai nasionalis religius, PKB juga harus membuka diri kepada berbagai kelompok lainnya. PKB juga merekrut caleg dari beragam suku, etnis dan agama.

“Selain basis pemilih majelis taklim dan kalangan santri, anak-anak muda juga harus dimasukkan dengan menggunakan pendekatan atau cara anak-anak muda. Saat ini banyak pengurus PKB di tingkat ranting diisi anak-anak muda,” tuturnya.

Gus Jazil menegaskan bahwa dengan manajemen kerja yang baik, bukan mustahil PKB bisa memenangkan Pemilu 2024. “Kelompok kecil asal manajemen baik, dia bisa meraih kemenangan,” katanya.

(*/eki)