Pemkab Pasbar bersama GOW Peringati Hari Ibu ke-94

Hari Ibu ke-94
Pemkab Pasbar bersama GOW Peringati Hari Ibu ke-94. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Ibu ke-94 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) menggelar Peringatan Hari Ibu di aula kantor bupati setempat, yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Risnawanto, Rabu (14/12/2022).

Turut hadir Sekda Hendra Putra, Penasehat GOW Pasbar Ny. Titi Hamsuardi, Ketua DWP Pasbar Ny. Ayu Hendra Putra, Kepala OPD, Para Camat, beserta stakeholder terkait lainnya.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Risnawanto mengatakan peringatan Hari Ibu merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kita kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Sejak kongres perempuan pertama di tahun 1928 yang menjadi tonggak perjuangan perempuan adalah perempuan Indonesia yang sangat berperan dalam pembangunan di Indonesia.

Wabup mengatakan pada saat pandemi Covid-19 melanda, perempuan juga mendapat beban yang berat dimana perempuan bergerak mengatasi kondisi ekonomi, diantaranya dengan memproduksi kebutuhan pada saat pandemi seperti produksi masker dan alat pelindung yang melibatkan banyak orang. 

“Perempuan mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan atau peneliti dan dapat diandalkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui keluarga,” jelas Risnawanto.

Baca Juga  Peserta Studi Banding Pasbar Kunjungi Sekolah Menengah Agama Rawang di Selangor

Risnawanto berharap perempuan-perempuan Indonesia khususnya di Kabupaten Pasaman Barat termasuk generasi masa kini, untuk tidak melupakan makna dari perjuangan perempuan Indonesia di masa yang lalu khususnya perempuan generasi milenial dalam segala aktivitasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Ny. Titi Hamsuardi sekaligus Penasehat GOW menyampaikan Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai pejuang dalam merebut menegakkan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.

Ia berharap dengan peringatan Hari Ibu ini senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda di Pasaman Barat akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. 

“Untuk itu generasi saat ini perlu mewarisi api semangat juang, guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur,” harap Ny. Titi Hamsuardi.

Selain itu Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Dan juga sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 

Baca Juga  Bupati Pasbar Yakin Program Hafiz Al-Qur'an Bisa Terealisasi Tahun 2022 Ini

“Pemberdayaan kaum perempuan termasuk di dalamnya organisasi perempuan sangat penting dan selalu relevan untuk diperjuangkan secara serius. Melodi upaya yang komprehensif, sistematis dan berkesinambungan dilakukan secara bersamaan dalam rangka membantu pemberdayaan kaum perempuan,” ujarnya.

Ia mengatakan Tujuan pelaksanaan peringatan ini untuk terwujudnya kemandirian lembaga organisasi melalui manajemen organisasi yang modern, terwujudnya peran dan partisipasi organisasi perempuan bersama-sama dengan pemerintah daerah kabupaten Pasaman Barat serta terlaksanakannya peringatan Hari Ibu ke-94 di kabupaten Pasaman Barat. 

“Peringatan hari ibu kali ini mengangkat tema ‘Perempuan Berdaya , Indonesia Maju’. Tentunya diharapkan agar terus semangat dalam berinovasi dan gigih untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” jelas Ny. Fitri Risnawanto.

Di akhir laporannya, ia menghimbau agar bersama sama bergandeng tangan mendukung perempuan dalam berperan terhadap pembangunan.

(wal)