Pemkab Tanah Datar Raih Anugerah Meritokrasi Kedua Kalinya dari KASN

Pemkab Tanah Datar Raih Anugerah Meritokrasi
Pemkab Tanah Datar Raih Anugerah Meritokrasi Kedua Kalinya dari KASN. (f/prokopim)

Jakarta, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar untuk kali kedua menjadi salah satu instansi pemerintahan yang meraih penghargaan dalam Ajang Anugerah Meritokrasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tahun 2022.

Penghargaan diterima Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jasrinaldi, Kamis (8/12/2022) di Grand Sahid Hotel, Jakarta. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Anugerah ini merupakan apresiasi terhadap keberhasilan instansi dalam menerapkan prinsip-prinsip sistem merit dalam Manajemen ASN, dimana Sistem Merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar.

Penilaian Indeks Sistem Merit mencakup delapan komponen dalam manajemen ASN, yaitu perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, mutasi dan promosi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan dan sistem informasi. 

Baca Juga  Alek Nagari Pacu Jawi di Sawah Liek Pariangan Dimulai

Terdapat 161 Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang mendapat penghargaan ini, lima (5) diantaranya merupakan pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Barat dan Kabupaten Tanah Datar memperoleh skor 279,5 atau masuk kategori “Baik”. 

Kepala BKPSDM Jasrinaldi mengungkapkan, merupakan kerja keras seluruh jajaran BKPSDM dan dukungan instansi lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Alhamdulillah, ini untuk kedua kalinya Tanah Datar menerima penghargaan yang sudah kali kedua diraih, dan ini buah kerja keras seluruh jajaran BKPSDM yang berkomitmen terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tanah Datar. 

“Terimakasih atas dukungan dan motivasi dari seluruh OPD juga tentunya keberhasilan ini juga tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar serta Sekretaris Daerah,” katanya.

Baca Juga  Pemkab Tanah Datar Gandeng UNICEF Tanggulangi Masalah Stunting

Sementara Sekda Iqbal menyampaikan, penghargaan ini bukanlah titik puncak penerapan prinsip-prinsip sistem merit dalam Manajemen ASN. 

“Masih banyak aspek-aspek yang harus ditingkatkan, namun Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berkomitmen  terus meningkatkan kualitas manajemen ASN untuk mewujudkan aparatur yang profesional dan berintegritas,” sampainya.

(prokopim)