Pemkab Tanah Datar Seleksi Formasi PPPK Tenaga Kesehatan

Pemkab Tanah Datar Seleksi Formasi P3K Tenaga Kesehatan
Pemkab Tanah Datar Seleksi Formasi P3K Tenaga Kesehatan. (f/prokopim)

Tanah Datar, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar ambil kebijakan untuk usulkan pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 bagi fungsional guru, fungsional kesehatan dan fungsional teknis. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra saat Sosialisasi persiapan seleksi kompetensi P3K fungsional tenaga kesehatan dilingkungan pemerintah kabupaten Tanah Datar, Jumat (2/12/2022). 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hadir Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Inspektur Desi Rima, Kepala BKPSDM Jasrinaldi, Direktur RSUD Hanafiah Batusangkar dr. Norman serta ratusan tenaga harian lepas dan sukarela diinstansi Dinas Kesehatan. 

Bupati Eka Putra sampaikan, pemerintah Tanah Datar tahun ini menerima pegawai P3K fungsional guru, fungsional kesehatan dan fungsional teknis. 

“Khusus fungsional kesehatan sebanyak 90 formasi, sesuai kemampuan daerah dan pelamar yang dapat mendaftar pada seleksi pengadaan P3K tenaga kesehatan ini adalah non ASN yang terdaftar pada Sistem Informasi SDM Kesehatan (Si-SDMK) Kementerian Kesehatan,” kata Bupati. 

Baca Juga  Program Satu Rumah Satu Hafiz Sukses, Bupati Puji Nagari Tanjung

Lebih lanjut disampaikannya, pemerintah daerah akan terus memperjuangkan tenaga harian lepas dan tenaga sukarela Tanah Datar yang sudah mengabdi dengan masa kerja minimal 2 tahun serta memiliki pengalaman kerja dan berkinerja baik. 

“Alhamdulillah berdasarkan laporan dari BKPSDM yang lulus seleksi tahun ini sebanyak 191 orang dari 226 orang, selanjutnya akan dilakukan ujian menggunakan seleksi kompetensi yang dilaksanakan dengan Metode Computer Asisten Test (CAT),” ungkapnya. 

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Jasrinaldi sampaikan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 968 Tahun 2022 Tentang Mekanisme Seleksi PPPK Fungsional Tenaga Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menerima PPPK sesuai mekanisme dan kesanggupan keuangan daerah. 

Jasrinaldi, tambahkan PPPK tidak dibuka untuk pelamar umum tetapi hanya diprioritaskan untuk tenaga kesehatan non ASN yang terdaftar di Si-SDMK Kementerian Kesehatan yang sudah mengabdi minimal 2 tahun pada jabatan dilamar. 

Baca Juga  Gubernur Sumbar: Pengalaman, Prestasi dan Ilmu Pejabat Pensiun Perlu Diteladani

“Untuk formasi PPPK fungsional tenaga kesehatan sebanyak 90 formasi, yang mendaftar sebanyak 226 orang, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi kompetensi sebanyak 191 orang, yang tidak memenuhi syarat sebanyak 35 orang karena mengabdi kurang dari 2 tahun, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan,” terang Jasrinaldi. 

Selanjutnya, untuk seleksi kompetensi nantinya menggunakan CAT di BKN dengan jadwal pelaksanaan ujian dari tanggal 6 s/d 20 Desember 2022 dan lokasi ujiannya menunggu informasi dari BKN dan diwaktu bersamaan BKPSDM juga memproses pengadaan PPPK fungsional guru yang jumlah pelamarnya 1.036 orang.

(prokopim)