Pemprov Launching Tahun Kunjungan Wisata Sumbar 2023, Targetkan 8,2 Juta Kunjungan

Visit Beautiful West Sumatera
Launching Visit Beautiful West Sumatera 2023 di Kota Bukittinggi. (f/siti aisyah)

Bukittinggi, Mjnews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat Sumbar launching Visit Beautiful West Sumatera 2023. Program untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada 2023 di Pelataran Jam Gadang Bukittinggi, Sabtu 24 Desember 2022.

Launching visit Beautiful west Sumatera dihadiri Gubernur Mahyeldi, kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianda.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kadis Pariwisata Provinsi Sumbar, Luhur Budianda, menjelaskan, Visit Beautiful West Sumatera 202 ini, merupakan tindak lanjut pengembangan pariwisata yang terintegrasi untuk pemulihan ekonomi pasca covid-19. Program ini merupakan hasil kolaborasi dengan BI perwakilan Sumbar serta Kabupaten/Kota.

“Selain itu, juga telah disiapkan berbagai langkah promosi, diantaranya, buku pariwisata digital Sumbar, yang bisa diakses, untuk mengetahui kekayaaan pariwisata Sumbar,” ungkapnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan terima kasih atas pemilihan Bukittinggi sebagai tuan rumah launching Visit Beautiful West Sumatera 2023. Bukittinggi siap mendukung Visit Beautiful West Sumatera 2023. Hal ini telah dimulai dengan kembali menyelenggarakan PEDATI ke 12, yang dimeriahkan oleh pengisi acara dari lokal Sumatra Barat.

Baca Juga  Menparekraf Puji VBWS yang Pertama di Indonesia, Wagub Ajak Visitasi ke Mentawai

“Alhasil 10.000 pengujung tercatat setiap hari kunjungi Bukittinggi. Dampaknya positif bagi ekonomi masyarakat. Selama pedati, seluruh sekolah paguyuban dan elemen masyarakat terlibat untuk mengisi acara. Alhamdulillah nya lagi, selama 10 tahun terakhir, tahun ini tercatat kunjungan wisata tertinggi di Bukittinggi, yaitu 1,3 juta kunjungan, dengan pendapatan Rp 26 milyar. Kedepan tentunya kami berharap adanya integrasi pariwisata dengan kabupaten kota tetangga,” ungkap Wako Erman.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menjelaskan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19, padahal pariwisata menjadi andalan Sumbar untuk mendapatkan PAD dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat launching Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat 2023 atau “Visit Beautiful West Sumatera 2023”.

Baca Juga  Wako Pariaman Dampingi Wagub Sumbar Resmikan Pabrik Baja Ringan Treco

“Tahun kunjungan ini nantinya diharapkan diisi dengan berbagai aktifitas seperti penataan destinasi unggulan, peningkatan kualitas SDM, penyelenggaraan event-event berstandar nasional dan internasional di Kabupaten/Kota. Tentunya ini memerlukan kesamaan visi dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatra Barat,” ujar Mahyeldi.

Agenda Visit Beautiful West Sumatera 2023, sudah disiapkan sejak 2021 lalu. Pemprov Sumbar menargetkan 8,2 juta kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara bisa ke Sumatera Barat melalui sejumlah event kegiatan dan paket wisata pada tahun 2023 nanti.

“Kami berharap, seluruh Kabupaten Kota se Sumatra Barat, memberikan dukungan penuh terhadap suksesnya tahun kunjungan wisata atau Visit Beautiful West Sumatera 2023 ini. Sehingga upaya ini akan dapat membuat ekonomi masyarakat dapat meningkat,” pungkas Gubenur Sumbar.

(Aii)