Pengukuhan IKM Jawab Barat, Ada Sumarak Minangkabau di Tatar Sunda

pengukuhan IKM Jawab Barat
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy hadiri pengukuhan IKM Jawab Barat. (f/kominfotik)

BANDUNG, Mjnews.id – Mengangkat tema “Sumarak Minangkabau di Tatar Sunda”, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy berharap pengukuhan IKM Jawab Barat dapat mempererat tali persaudaraan antara perantau di Tatar Sunda, serta membawa kekhusyukan bagi hubungan persaudaraan sesama Urang Minangkabau di rantau, sekaligus meningkatkan peran rantau dalam membangun Ranah Minang.

Wagub Audy Joinaldy hadir dalam pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) tersebut yang diadakan di halaman Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/12/2022).

“Sebagai orang Minang, kita harus tetap menjaga tali persaudaraan dimanapun kita berada. Saudara-saudara kita yang berada di rantau terutama yang terikat dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jawa Barat, dapat meningkatkan peran dalam pembangunan Ranah Minang yang kita cintai,” ujar Wagub.

Selain dalam rangka pengukuhan, kegiatan yang sudah tentu kental dengan budaya Minangkabau itu juga bertujuan untuk mempromosikan budaya, kuliner dan eksistensi masyarakat Minangkabau di Jawa Barat agar semakin dikenal.

Baca Juga  Wagub Sumbar Kembangkan Potensi Entrepreneurship Mahasiswa di Yogyakarta

Ketua IKM DPW Jawa Barat, Joni Martiyus Sutan Sari Alam mengatakan Pagelaran Festival Sumarak Minangkabau di tatar Sunda ini diharapkan mampu semakin merekatkan keakraban budaya Minangkabau dan Sunda serta eksistensi Urang Minangkabau di Tanah Priangan.

“Pagelaran ini sangat banyak manfaatnya, tidak hanya urang Minang, tapi juga bagi Jawa Barat. Khususnya dalam gerak cepat perkonomian pasca Pandemi Covid-19,” kata Joni.