Pertama di Payakumbuh, Inovasi TP-PKK Payakumbuh Utara Gelar Pemilihan Uda Uni Tingkat Kecamatan

Uda Uni Tingkat Kecamatan
TP-PKK Payakumbuh Utara Gelar Pemilihan Uda Uni Tingkat Kecamatan. (f/humas)

Payakumbuh, Mjnews.id – Guna menjaring dan menyalurkan bakat-bakat generasi muda. Tim Penggerak PKK Kecamatan Payakumbuh Utara berinovasi dengan mengadakan Lomba Pemilihan Uda Uni di tingkat Kecamatan pada Rabu (7/12/2022).

Iven pemilihan uda uni di tingkat kecamatan ini baru pertama kali ada di Kota Payakumbuh. Diikuti oleh sepasang uda dan uni dari 9 kelurahan dengan dewan juri Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Payakumbuh Utara Refni Elita dan Hendri Mamak.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dibuka langsung oleh Camat Payakumbuh Utara, Joni Parlin bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Utara Yolanda Joni Parlin. Tampak hadir juga lurah yang antusias memberikan dukungan moril kepada uda uni perwakilannya.

Camat Payakumbuh Utara Joni Parlin mengatakan pihaknya mengapresiasi TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Utara dan siap mendukung penuh kegiatan ini, mulai dari memfasilitasi pelaksanaannya di aula kantor camat.

Baca Juga  Dua Legislator Ini Hadiri Sekolah Legislatif Mahasiswa Peternakan Unand Payakumbuh

“Kita berharap melalui pemilihan uda uni di tingkat kecamatan ini, nantinya yang memiliki potensi dapat berkesempatan ikut di pemilihan uda-uni di tingkat kota. Setidaknya mereka sudah punya bekal, ini adalah bentuk kita membangun sumber daya manusia di Payakumbuh Utara,” kata Camat yang energik itu.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Utara Yolanda Joni Parlin menyebut iven ini juga didukung oleh bundo kanduang kecamatan. Melalui TP-PKK di kelurahan dilakukan penjaringan kepada uda uni yang berpotensi dan berbakat di kelurahan.

“Kita berharap nanti kandidat yang terbaik, bisa rekomendasikan untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi. Adapun penilaian yang dilakukan seperti kebiasaan/prilaku (behaviour), kognisi (brain), daya tarik (beauty), dan keberanian (brave). Setidaknya inilah bentuk ideal dari pemuda-pemudi di Kecamatan Payakumbuh Utara,” ungkapnya Yolanda yang juga pernah menjadi Uni Favorit di Kabupatan Limapuluh Kota tahun 2008 silam.

Baca Juga  Ketua DPRD Sumbar Berharap, Silek Bisa Membentuk Karakter Masyarakat Minang

Lurah Ikua Koto Dibalai Firdaus Syawir menyampaikan sangat menyambut baik inovasi TP-PKK Kecamatan Payakumbuh utara. Ini baru pertama kali dan saru-satunya ada di Kota Payakumbuh. Selain menarik dan bemanfaat, iven ini juga memberi inspirasi kepada generasi muda untuk dapat terpancing menggiatkan berbagai kegiatan yang positif.

“Apalagi, pada saat ini sedang marak pergaulan bebas dan narkoba yang akan merusak generasi muda. Kami apresiasi dan terima kasih, mudah-mudahan bisa terus berlanjut. Kalau bisa nanti iven ini bisa lebih ditingkatkan lagi dengan OPD terkait membantu pelaksanaannya,” pungkasnya.

(hms/yud)