PMI se-Sumatera Barat Apel Besar di Istano Basa Pagaruyung, Ada Apa?

PMI se-Sumatera Barat Apel Besar
PMI se-Sumatera Barat Apel Besar di Istano Basa Pagaruyung dalam rangka persiapan Hari Relawan PMI. (f/prokopim)

Tanah Datar, Mjnews.id – Memperingati Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang jatuh pada tanggal 26 Desember 2022 mendatang, para relawan PMI kabupaten dan kota se-Provinsi Sumatera Barat gelar apel besar yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung, Selasa (13/12/2022). 

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM selaku pembina apel besar itu mengatakan PMI sudah banyak berkiprah tidak semata untuk ketersediaan stok darah atau penggalang bagi pendonor darah semata, namun juga terjun langsung dalam berbagai aksi sosial kemasyarakatan dan juga jika ada bencana dari itu PMI ke depannya harus lebih kreatif dan inovatif lagi dalam membantu pemerintah. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Disampaikan Bupati Eka Putra yang juga selaku pelindung PMI Tanah Datar, jika PMI dengan relawannya berkontribusi penting dan selalu dibutuhkan pada setiap kejadian, peristiwa dan bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Sumatera Barat dan Kabupaten Tanah Datar. 

Baca Juga  Menteri PUPR Resmikan Masjid Agung Dharmasraya

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi eksistensi dan kontribusi PMI terhadap sosial kemanusiaan, apalagi ditengah kehidupan yang semakin individualis dan mengutamakan materi. PMI hadir dan mewakafkan diri untuk menolong dan berbuat baik demi kemanusiaan tampa memandang suku, agama, status sosial, maupun pilihan politik, namun mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera demi keselamatan jiwa,” ujarnya. 

Bupati Eka Putra menyebut, bahwa PMI Tanah Datar sudah berkiprah semenjak tahun 2006 membantu pemerintah daerah dalam hal kebencanaan, kesehatan dan transfusi darah dan itu tidak terlepas dari relawan yang menjadi ujung tombak di lapangan. 

Ketua PMI Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra pada kesempatan itu juga mengatakan akan menjaring berbagai elemen untuk melakukan aksi donor darah dalam berbagai kegiatan, dan tidak tertutup kemungkinan ke sekolah-sekolah dan universitas yang ada di Tanah Datar. 

Baca Juga  Wako Padang Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Belakang Pasar Simpang Haru

“Walau sebelumnya dengan mahasiswa atau dengan universitas sudah ada kerja sama, ke depan tentu akan kita tingkatkan lagi mengingat kebutuhan akan darah semakin meningkat dan itu perlu langkah bersama. Dalam waktu dekat ini, dengan jajaran TNI Kodim 0307 Tanah Datar kita akan lakukan kegiatan donor darah, seterusnya nanti juga dengan Forkopimda lainnya,” ujar Ny. Lise Eka Putra. 

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra, ke depannya akan memperkuat kelembagaan, karena team work PMI kedepan harus semakin solid dan juga akan sharing dengan PMI kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang banyak prestasi dan kiprah dalam membantu masyarakat.