Pontren Kauman Padang Panjang Gelar Daurah Tahfiz Era Digital

Daurah Tahfidz Al Qur'an Era Digital
Pontren Kauman Padang Panjang gelar Daurah Tahfidz Al Qur'an Era Digital. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang hadir dengan inovasi program Daurah Tahfiz berbasis digital. Sebanyak 41 santri mengikuti kegiatan yang berlokasi di wisata religi Batu Galodo, Sungai Tanang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, 25 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Mengusung tema “Membangun Generasi Quran Diera Digital”, kegiatan yang bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek, Bukittinggi ini merupakan kolaborasi antara menghafal Qur’an dengan Pelatihan Desain Grafis serta Content Creator Video dengan Aplikasi Android.

Wakil Mudir Bidang Pengasuhan Kauman, Insan Adha Hasibuan mengungkapkan, pada zaman yang serba teknologi sekarang ini membuat kita mesti mampu beradaptasi dengan cepat.

“Semakin banyak peluang dakwah yang menarik. Salah satunya adalah dengan karya visual. Namun kita tetap menciptakan lingkungan yang senantiasa membersamai Al Qur’an,” terangnya.

Ia juga menyebutkan, kegiatan Daurah sebelumnya hanya berfokus pada menghafal dan memperbaiki bacaan Qur’an.

“Namun memandang hubungan generasi Z yang seperti tidak bisa terlepas dari gawai, maka penting memfasilitasi kebiasaan tersebut agar lebih bermanfaat,” ucapnya.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Pacu Literasi dan Inklusivitas Keuangan Tingkat Pelajar

Ali Nurdiansyah selaku pendamping menerangkan, pihaknya ingin menciptakan hubungan yang positif antara santri dan handphone.

“Sebagai santri dakwah memanglah tidak asing. Namun jika berdakwah dengan karya tentu akan menjadi lebih berkelas. Santri ditargetkan 5 Juz hafalan Qur’an selama 10 hari dan mampu menghasilkan desain poster dakwah dan video Murrotal Qur’an,” jelasnya.

(rfk/arb)