Rakor Persiapan Nataru, Pj. Walikota Payakumbuh Ajak Seluruh Unsur Lintas Sektoral Bersinergi

Rakor-Persiapan-Nataru-Payakumbuh-2023.jpg
Pemko Payakumbuh adakan Rakor Persiapan Nataru 2023. (f/humas)

Payakumbuh, Mjnews.id – Pj. Walikota hadir dalam rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral bidang operasional tahun 2022 dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) secara Hybrid via luring dan daring di ruang vidcon Rupatamam Polres Payakumbuh, Jumat (16/12/2022) pagi.

Rakor yang dipimpin langsung Kapolri Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran Menteri terkait juga turut diikuti Forkopimda Payakumbuh, asisten III bidang administrasi umum Ifon Satria Chan, kepala kantor Kemenag Jobben, Sales Brand Manager (SBM) Rayon 4 Pertamina Sumatra Barat Destra Rahmayadi, Kepala Cabang Jasa Raharja Sumbar, Bambang Panular melalui Kepala Perwakilan Bukittinggi Nur Akbar, dan kepala OPD teknis terkait.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam penyampaiannya, Kapolri katakan pengamanan Natal dan tahun baru pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

“Dari mulai penyeberangan di pelabuhan, hingga seluruh jalur darat, akan betul-betul kami kendalikan dengan baik,” katanya.

Berdasarkan prediksi pemerintah ada sekitar 71 juta orang yang memanfaatkan cuti Natal dan tahun baru, tersebar di seluruh provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca Juga  Jelang Nataru, Lapas Narkotika Jakarta Siagakan Keamanan dan Ketertiban

Catatan penting yang disampaikan terkait dengan antisipasi peristiwa teror. Densus 88 Antiteror Polri diminta melakukan pengungkapan, sedangkan jajaran lainnya melakukan penjagaan.

Sigit mengingatkan kepada jajaran untuk menggandeng semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), dalam menjaga Natal dan tahun baru sehingga menjadi gerakan bersama melawan teroris.

Sementara Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda setelah Rakor berlangsung menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh yang mencakup wilayah hukum Polres Payakumbuh, kami menyambut baik diselenggarakannya rapat koordinasi ini, dengan harapan kita dapat merancang dan menyepakati pola dan aksi tindakan pengamanan yang tepat dalam rangka menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” ujar Rida kepada media.

Pada kesempatan ini, kami menghimbau seluruh lintas sektoral agar mendukung Polres Payakumbuh dalam menjaga dan menciptakan kondisi keamanan terbaik selama masa perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, apalagi perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini kita baru melewati masa pandemi Covid-19, sehingga pasti akan lebih ramai warga yang akan turut merayakan perayaan Natal dan persiapan tahun baru nanti.

Baca Juga  Baru Menjabat, Kapolres Silaturahmi dengan Walikota Payakumbuh

“Dan ditahun ini akan kembali suasananya seperti tahun sebelum covid melanda, dimana seluruh unsur lintas sektoral akan kembali lebih ekstra dalam melaksanakan tugas guna keselamatan dan kenyamanan warga masyarakat kota Payakumbuh dalam merayakan Natal dan tahun baru esok,” ungkap Rida.

Di akhir penyampaiannya, orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu tidak bosan menghimbau kepada seluruh elemen dan unsur pada lintas sektoral supaya dapat mendukung dengan saling besinergi guna tercapainya situasi dan kondisi yang kondusif dan lancarnya kegiatan yang dilaksanakan nanti hingga selesai.

(hms/yud)