Sekjen Kemendagri Buka Rakernas Forsesdasi 2022 di Padang

Rakernas Forsesdasi 2022
Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro buka Rakernas Forsesdasi 2022 di Hotel Santika, Padang. (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumbar menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) di Hotel Santika, Padang, pada 19-21 Desember 2022.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro membuka secara resmi Rakernas yang bertajuk ‘Percepatan Transformasi ASN BerAKHLAK Menuju Indonesia Tangguh”, Senin (19/12/2022) malam.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Suhajar menyampaikan beberapa persoalan penting yang akan dibahas dalam Rakernas yang berlangsung tersebut, diantaranya soal kemiskinan ekstrim, penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), serta persoalan lainnya dalam rangka efektifitas kerja sekretaris daerah.

Soal kemiskinan, Suhajar mengimbau pemerintah daerah agar lebih memperkuat sinergitas dengan Baznas, diantaranya dengan berkolaborasi melakukan program-program pemberdayaan masyarakat, serta mengoptimalkan potensi zakat yang ada di daerah.

Baca Juga  Kemendagri Terus Matangkan Persiapan Peresmian Tiga Daerah Otonomi Baru

Suhajar juga sampaikan pesan Mendagri terkait persiapan menghadapi libur natal dan tahun baru (Nataru), khususnya mengantisipasi soal keamanan, lonjakan harga dan inflasi.

“Mendagri mengimbau agar seluruh sekretaris daerah membantu kepala daerah bersama dengan Forkopimda dan unsur masyarakat lainnya untuk mengantisipasi kenaikan harga-harga selama Nataru. Kemudian juga menjaga keamanan rumah dan tempat ibadah, serta mewaspadai kemungkinan kerawanan pada perayaan tahun baru berikut langkah antisipasinya,” ujar Suhajar.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, juga memberikan perhatian khusus pada persoalan kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrim. Dalam sambutannya gubernur mengapresiasi Rakernas Forsesdasi yang turut menghadirkan pemateri dari Baznas RI guna mendorong optimalisasi zakat daerah sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Minta Fungsi Baznas Dimaksimalkan Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

“Apresiasi kehadiran Baznas sangat tepat sebagai lembaga yang berperan besar membantu mengentaskan kemiskinan. Optimalisasi zakat menjadi solusi pengentasan kemiskinan, dengan catatan pemda harus mampu bersinergi dengan Baznas dalam menciptakan program-program pemberdayaan,” ungkap gubernur Mahyeldi.

Sekdaprov Sumbar Hansastri selaku Ketua Penyelenggara Rakernas, di awal sesi dalam laporannya mengatakan, digelarnya kegiatan ini yaitu sebagai wadah berhimpun para Sekda Provinsi dan Kabupaten/Kota agar saling membantu serta dapat berpartisipasi menyelenggarakan pemerintahan nasional dan daerah. Sehingga Forsesdasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dinamika pemerintahan.

Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekjen Kemendagri didampingi Gubernur Mahyeldi, serta Ketua DPP Forsesdasi Lalu Gita Ariadi.

(MMC)