Seminar Sehari di Museum Adityawarman Padang, Syaifullah: Hasil Kajian Benda Bersejarah Masih Sedikit

Syaifullah
Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, H. Syaifullah. (f/obral)

Padang, Mjnews.id – Sebanyak 6 ribu lebih benda-benda koleksi bernilai sejarah masa lalu yang terpajang di Museum Adityawarman, hasil kajiannya masih terbilang sedikit. 

Ungkapan ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H. Syaifullah ketika membuka secara resmi seminar sehari Hasil Kajian Koleksi Museum, berlangsung di Auditorium Museum Adityawarman Padang, Senin 5 Desember 2022.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Terkait ini, Syaifullah berharap kedepannya semoga hasil kajian benda koleksi di Museum Adityawarman semakin meningkat. 

“Sehingga hasil kajian benda koleksi Museum ini bisa menjadi sumber informasi buat semua lapisan, termasuk para akademisi perguruan tinggi,” pintanya. 

Baca Juga  Polda Sumbar Kirim Bantuan Korban Gempa Pasbar

Orang-orang yang datang mengunjungi Museum Adityawarman betul-betul mendapatkan sesuatu yang berharga. Maka pemanfaatannya dirasakan sebagai isinya pusat pengembangan sejarah masa lalu. 

Di samping Museum Adityawarman sebagai objek wisata benda bersejarah melalui benda-benda koleksi museum. 

“Ke depan akan kita tingkatkan buat memperoleh informasi bagi masyarakat luas dan generasi muda penyambung lidah sejarah melalui perangkat digitalisasi yang ada di Museum ini, dan bisa tayang ke publik,” pungkasnya. 

Dewi Ria
Kepala UPTD Museum Adityawarman, Dewi Ria. (f/obral)

Di kesempatan ini Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Adityawarman, Dewi Ria, S.Sos, MM mengatakan, seminar satu hari Hasil Kajian Koleksi Museum diikuti sebanyak 100 orang peserta dari mahasiswa perguruan tinggi, akademisi dan utusan kelembagaan pemerintah. 

Baca Juga  Gubernur Sumbar Buka Jalan Santai Rang Agam Kota Padang
seminar sehari Hasil Kajian Koleksi Museum
Suasana seminar sehari Hasil Kajian Koleksi Museum di Auditorium Museum Adityawarman Padang, Senin 5 Desember 2022. (f/obral) 

Begitu juga pemateri Dr. Lindayanti, M Hum mengasungkan tema-Penambangan Kerajinan Perhiasan di Minangkabau, dan pemateri Mevi Rosdian, S Sos, Sn, serta Yenny Narni, SS, MA, Ph D, 

Seminar sehari Hasil Kajian Koleksi Museum dipandu moderator oleh Budayawan Sumbar, Vivery Yudi, S.Sos, M.Pd, sebut Kepala UPTD Museum Adityawarman, Dewi Ria ketika menyampaikan laporan kegiatan seminar ini.

(Obral Caniago)