Sempat Lumpuh Total, Jalur Penghubung Kebumen – Banjarnegara Melalui Karanggayam Sudah Bisa Dilewati

1670233150116862 0
Jalur Penghubung Kebumen – Banjarnegara Melalui Karanggayam Sudah Bisa Dilewati. (f/dana sukarno)

Kebumen, MJNews.id – Sempat lumpuh total tertimbun longsor pada Senin 5 Desember 2022, karena hujan lebat yang turun terus menerus, kini jalur penghubung Kebumen – Banjarnegara tepatnya di Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sudah bisa dilalui oleh pengguna jalan.

Dijelaskan Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, kini baik roda dua maupun roda empat bisa melintas jalur tersebut. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sudah bisa dilalui. Tadi pagi alat berat membersihkan material longsor. Namun kami berpesan harus tetap hati-hati karena licin,” jelas Aiptu Catur. 

Berdasarkan pantauan Polres Kebumen, jalur tertutup material longsor bermula sekitar pukul 16.15 WIB pada hari Minggu 4 Desember 2022, saat lokasi diguyur hujan cukup deras.

Baca Juga  Asyik! Pemerintah Putuskan Tarif Listrik Tetap

Akibatnya tanah yang berada di tebing samping jalan menjadi gembur dan ambrol ke tanah. Meski tak ada korban jiwa, aktifitas transportasi di jalur Kebumen utara tembus Kabupaten Banjarnegara menjadi lumpuh total. Banyak warga yang harus berputar balik karena jalan tak bisa dilewati.

Warga sekitar berupaya memberikan rambu-rambu peringatan dan himbauan kepada pengguna jalan lain untuk putar balik karena sama sekali tak bisa dilewati.

Hasil pantauan, di Desa Giritirto sedikitnya ada 10 titik longsor yang terjadi disepanjang Jalur Lokidang tembus Banjarnegara. Material longsor dengan ketinggian lebih dari satu meter menutupi badan jalan antar kabupaten tersebut.

Baca Juga  Hujan Seharian, Ruas Jalan Koto Mambang - Malalak Tertimbun Longsor

“Kini sudah bisa dilewati. Kita dari Kepolisian, TNI, BPBD serta instansi terkait bersama warga juga bergotong royong membersihkan material longsor,” lanjut Aiptu Catur.

(Dana)