Syaharman Zanhar Minta H. Mahyuddin Tidak Cepat Usulkan Suhatri Bur Jadi Bupati, Ini Sebabnya

Syaharman Zanhar
Syaharman Zanhar. (f/dok)

Padang Pariaman, Mjnews.id – Syaharman Zanhar, Tokoh masyarakat VII Koto yang tinggal di Kota Padang ini, meminta kepada H. Mahyuddin Pimpinan Rumah Makan Putra Minang di Jakarta tidak terlalu cepat usulkan kembali Suhatri Bur maju sebagai Bupati Padang Pariaman periode kedua pada Pemilihan Umum serentak tahun 2024-2029 mendatang dengan berpasangan putra VII Koto Sungai Sariak.

Hal itu diungkapkan Syaharman pada Sabtu (10/12/2022) mengaku terkejut dan tergelitik membaca pernyataan H. Kenek, panggilan akrab H. Mahyuddin.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Syaharman, melihat kinerja Suhatri Bur yang akrab disapa Aciak yang tidak peka terhadap kebutuhan masyarakat, seperti banyaknya jalan berlubang pada beberapa ruas di Kabupaten Padang Pariaman. Menutut Syaharman jalan berlubang dan jembatan yang rusak bukan di VII Koto Sungai Sariak saja. 

Ditambahkan Syaharman lagi, putra VII Koto akan kalah bila berpasangan dengan Aciak Suhatri Bur masyarakat Kabupaten Padang Pariaman akan ditinggalkan oleh masyarakat banyak, karena masyarakat menilai gagal sebagai pemimpin Padang Pariaman pada periode pertama.

Sebagai putra VII Koto mengusulkan kalau kekompakan dan kebersamaan bisa dipertahankan maju sebagai Bupati Padang Pariaman dan bukan sebagai Wakil Bupati Padang Pariaman.

Ditegaskannya, putra VII Koto yang bisa diusung dan pantas untuk dimajukan sebagai Bupati Padang Pariaman sebagai berikut. Pertama H. Ambran Tambi tokoh rantau VII Koto di Pekan Baru punya pinansial yang kuat yang tidak perlu diragukan apabila sudah masuk arena pertandingan nantinya.

“Saya tahu betul dalam menggolkan Suhatri Bur, andil H. Tambi cukup besar. Setelah itu, Dr. Hj. Nurtati, SE, MM pemilik Universitas Sumatera Barat (UNISBA) dan Institut Agama Islam (IAI) yang punya kampus di By Pass Pariaman,” ujarnya.

“Kalau perempuan ini yang dimajukan saya yakin gol ke gawang bola itu. Pasalnya Nurtati punya mahasiswa lebih 3000 orang,” katanya. 

Baca Juga  Kecelakaan Tragis di Jembatan Jariang, Seorang Pelajar Tewas

“Kalau finansial tidak usah kita sebutkan bisa dinilai masing-masing orang. Artinya untuk biaya ongkos Pemilihan Bupati Padang Pariaman belum akan meminta nafas keluar badan,” katanya.

Sosok lain yang bisa dimajukan sebagai Bupati Padang Pariaman, H. Ramal Saleh, SE pengusaha rempah-rempah seperti kulit manis buah palo dan pinang yang ekspor langsung ke India dan Turkey serta beberapa negara lain di dunia, punya finansial yang tidak kalah dari H. Tambi dan Nurtati, bisa dikatakan sebanding.

Nama lain yang bisa diusung sebagai calon Bupati Padang Pariaman, Miko Kamal, SH, MH pengacara papan atas di Sumbar. Buyung Lapau birokrat senior dan juga pengusaha. Dr. H. Syahril Ali salah seorang pipinan di Universitas Andalas Padang dan jasa audit. Selanjutnya Prof. Dr. H. Rusnam Mansyur, M. Si masih ada hubungan famili dekat dengan Dr. H. Asman Abnur orang terkaya di Kepulauan Riau berdomisili di Kota Batam.

Banyak lagi sosok lain yang muda muda dan punya finansial yang cukup untuk maju menjadi Bupati Padang Pariaman. Apalagi kalau kekuatan sudah bisa disatukan. Termsuk H. Mahyuddin, Pimpinan Rumah Makan Putra Minang Jakarta yang dianggap tulang punggung Suhatri Bur mencalon menjadi Bupati Padang Pariaman yang berhasil duduk berpasangan dengan Rahmang. 

Kecuali Aciak Suhatri Bur mampu membangun Padang Pariaman pada sisa jabatan 8 bulan lagi ini dengan memperbaiki jalan-jalan yang berlubang di Padang Pariaman seperti di VII Koto Sungai Sariak, Sungai Geringging Sungai Limau, Kayu Tanam Lubuk Alung dan Batang Anai umumnya pada 17 kecamatan di Padang Pariaman banyak jalan rusak dan jembatan yang ambruk belum diperbaiki. 

Suhatri Bur pada pencalonan Tahun 2024 tidak bisa disebut inkamben lagi karena jabatan mereka sudah habis 6 bulan sebelum menjadi calon. Aciak mulai lagi dari nol sama dengan calon lain.

Baca Juga  Wabup Padang Pariaman Hadiri Pelantikan Tiga Kepengurusan PKDP di Batam

Dari kecamatan lain banyak calon yang bakal maju, seperti Jhon Knedy Aziz anggota DPR RI dua periode putra Sungai Geringging, Yobana Samial putra Sungai Limau Notaris di Jakarta yang program 1000 hafizd Al-Qur,’an 1 rumah wajib 1 hafizd Al-Qur’an. Rahmadung pengusaha sukses di Provinsi Lampung putra Gasan Gadang, termasuk Rahmang Wakil Bupati Padang Pariaman yang sekarang jelas tidak akan menjadil Bupati yang kedua kalinya. 

Dari daerah Lubuk Alung H. Darmon pengusaha muda bidang kuliner, Asmadi Basir Ketua DPD Partai Golkar Padang Pariaman orang dekat Jhon Kenedi Aziz. 

“Sekali lagi saya berharap orang VII Koto jangan bermimpi menjadi Wakil Bupati Padang Pariaman. Tetapi bermimpilah menjadi Bupati Padang Pariaman,” ucap Plt Ketua PKDP Sumbar yang juga pengurus Kadin Sumbar ini, sambil tertawa terbahak-bahak seraya VII Koto harus bsngkit bersama kalau ingin maju. 

Pada sisi lain, H. Muslim Zain Tokoh VII Koto Sungai Sariak yang tinggal di Kota Pariaman sangat sependapat dengan Syaharman Zanhar.

“Apa yang disebutkan Syaharman Zanhar benar sekali dan sebagai orang tua di VII Koto sangat setuju putra VII Koto lamo maju sebagai Calon Bupati Padang Pariaman yang mengaku sedang persiapan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Surau Korong Mandi Angin, Nagari Sungai Sariak Ambung Kapur Senin tanggal 12 Desember 2022 ini.

(Tka)