Tanjung Balai Karimun Tuan Rumah Kejuaraan Silat Walet Puti Cup Kepri

kejuaraan silat Walet Puti Cup 2022 Kepri
Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad buka kejuaraan silat Walet Puti Cup 2022 se-Kepri di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun. (f/diskominfo)

KEPRI, Mjnews.id – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad buka kejuaraan silat Walet Puti Cup 2022 se-Kepri di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Rabu (28/12/2022).

Pemukulan gong dilakukan oleh H. Huzrin Hood sebagai simbol dimulainya kejuaraan silat Walet Puti Cup ke-9 kali ini. Walet Puti Cup digelar dari 27-29 Desember 2022 memperebutkan Piala Bupati Karimun.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebanyak 171 atlet silat Walet Puti mengikuti kejuaraan ini dari Kabupaten Karimun, Kota Batam, dan Kabupaten Bintan. Walet Puti Cup juga diikuti oleh atlet dari perguruan silat yang lain seperti PSHT, Tapak Suci, Cempaka Putih, HIMMSI, dan SMI.

Melalui kejuaraan silat ini, Gubernur Ansar berharap semangat beladiri tradisional asli Indonesia seperti silat bisa lebih digemari oleh masyarakat Kepri. Terlebih dengan antusiasme yang tinggi dari anak-anak Kepri untuk mempelajari seni beladiri silat dari berbagai perguruan silat.

Baca Juga  Gubernur Ansar Libatkan Kejati Kepri Awasi Pengerjaan Proyek Pembangunan

“Silat sudah menjadi warisan dunia tak benda dari Indonesia yang diakui UNESCO, jadi sudah menjadi kewajiban kita untuk melestarikan dan terus menggelorakan semangat silat di masyarakat Kepri khususnya di kalangan anak-anak,” katanya.

Gubernur Ansar yakin dengan diadakannya kejuaraan silat Walet Puti Cup ini, Kepri dapat menghasilkan atlet-atlet silat berprestasi yang bisa membawa nama Kepri di tingkat nasional bahkan internasional.

Selain itu, melihat antusiasme yang tinggi dari anak-anak muda Karimun terhadap beladiri silat. Gubernur Ansar mengaku akan menghidupkan lagi kejuaraan silat Sijori Cup yang dulu rutin digelar. Dirinya memproyeksikan Sijori Cup akan digelar lagi dengan Kabupaten Karimun yang menjadi tuan rumah.

Baca Juga  HUT Agraria ke-62, Sekdaprov Kepri Imbau BPN Gesa Percepatan PTSL

“Sijori Cup itu nanti kita tidak hanya mengundang atlet dari Singapura, Johor, atau Riau saja. Tetapi harus diperluas dengan diikuti atlet dari Brunei Darussalam, Filipina, dan negara ASEAN yang lain. Sehingga itu bisa menjadi even sport-tourism yang memperkenalkan Karimun,” kata Gubernur Ansar.

Gagasan Gubernur Ansar tersebut pun disambut baik oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq. Aunur mengatakan dukungan Gubernur Ansar untuk beladiri silat di Kepri sangat dibutuhkan untuk lebih memperkenalkan lagi beladiri silat untuk masyarakat Kepri.

“Kami sangat bersyukur Walet Puti Cup ini digelar di Karimun, apalagi jika Sijori Cup juga digelar di Karimun tentu itu juga menjadi kehormatan bagi masyarakat Karimun,” tandasnya.

(jlu/isb)