Tim NU Peduli Kirim Bantuan Tahap Ketiga untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Tim NU Peduli Kirim Bantuan Tahap Ketiga untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur
Tim NU Peduli Kirim Bantuan Tahap Ketiga untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur. (f/nu)

Jakarta, Mjnews.id – NU Care-LAZISNU PBNU menyerahkan bantuan tahap ketiga untuk warga terdampak gempa bumi Cianjur. Bantuan ini disalurkan melalui Tim NU Peduli Gempa Cianjur. Sebanyak tiga truk yang membawa barang bantuan berangkat dari kantor NU Care-LAZISNU PBNU, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/12/2022) malam.

Bantuan ini, menurut Ketua NU Care-LAZISNU PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar, berasal dari donatur dalam negeri dan luar negeri yang diamanatkan kepada lembaganya. Ia juga mengatakan kiprah NU Care-LAZISNU PBNU membantu warga terdampak bencana alam selama ini, termasuk gempa bumi Cianjur, tak lepas dari dukungan, doa, serta arahan Tanfidziyah dan Syuriyah PBNU.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Terima kasih kami ucapkan kepada Rais ‘Aam, Ketua Umum, dan seluruh jajaran pengurus PBNU atas dukungan terus menerus kepada kami, Tim NU Peduli,” kata Habib Ali Hasan.

Selain pengurus NU Care-LAZISNU PBNU, peserta rombongan terdiri atas tenaga medis dan pengurus Lembaga Kesehatan (LK) PBNU.

“LAZISNU PBNU bersama Sekretaris LK PBNU, dr. Citra Fitri Agustina, dan anggota pengurus LK PBNU, Rudi Syafruddin, akan menyalurkan bantuan ke Cianjur,” kata Habib Ali.

Ia berharap bantuan yang telah dan akan disalurkan bagi warga Cianjur akan bermanfaat serta membawa dampak yang baik. “Cianjur harus bangkit, harus pulih,” tegasnya.

Baca Juga  Ketua DPD RI Hadiri Royal Dinner Festival Adat Kerajaan Nusantara I di Keraton Sumedang Larang

Sekretaris NU Care-LAZISNU PBNU, Moesafa, menyatakan lebih lanjut bahwa donasi yang masuk hingga sekarang adalah hasil bantuan yang dihimpun dari LAZISNU PWNU, LAZISNU PCNU, dan LAZISNU PCINU yang kemudian diteruskan ke rekening LAZISNU PBNU. Cabang Istimewa NU yang menghimpun bantuan di antaranya Hong Kong dan Taiwan. Berdasarkan laporan, total bantuan mencapai Rp326.108.506 sampai saat ini.

“Ada juga dari LAZISNU PCNU Bangka Selatan, Paser, Mukomuko, Tulang Bawang Barat, Kota Waringin Timur, Sorong, Sulawesi Selatan, dan dari pihak-pihak yang lain,” ujar Moesafa.

Sementara itu, Citra Fitri Agustina menambahkan bahwa bantuan untuk warga terdampak gempa Cianjur tidak cukup berupa logistik, tetapi juga kesehatan.

“Dan saat ini, bantuan bidang kesehatan terus berlangsung, seperti pelayanan kesehatan dan aksi psikososial bagi yang mengalami masalah psikologis,” tutur Citra Fitri.

Dua Titik Penyaluran Bantuan

Bantuan NU Peduli Gempa Cianjur tahap ketiga diserahkan di dua titik. Titik pertama disalurkan di Kampung Cireundeu, Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Bantuan ini diterima oleh Dedi Kuswara selaku Ketua RT 01 RW 01.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Nahdlatul Ulama. Alhamdulillah sudah kami terima bantuannya. Bantuan ini ditujukan untuk balita hingga lansia. Dari kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih, kami terima bantuannya. Mudah-mudahan manfaat. Yang memberikan bantuan ini semoga dimurahkan rezekinya,” ucap Dedi saat menerima bantuan.

Baca Juga  Dilantik Jadi Ketum LASQI, Gus Jazil Bertekad Gairahkan Kesenian Islami

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil, mengungkapkan bantuan tahap ketiga tersebut memang berupa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan dan kebutuhan untuk balita serta lansia. Bantuan tersebut berdasarkan asesmen lanjutan yang dilakukan Tim NU Peduli yang mendampingi warga di pos lapangan NU Peduli sejak hari pertama setelah gempa.

Titik kedua bantuan NU Peduli Gempa Cianjur adalah Kantor PCNU Kabupaten Cianjur sebagai Pos Induk NU Peduli. Bantuan diterima langsung oleh Ketua PCNU Cianjur, Kiai Deden Usman Ridwan, yang juga Kepala Satgas NU Peduli Gempa Cianjur.

Selain pendistribusian bantuan, Tim NU Peduli juga menghibur anak-anak dengan mengajak bersalawat, mengadakan lomba azan, dan menggelar hiburan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim NU Peduli juga melakukan asesmen lanjutan untuk rencana pembangunan huntara, MCK, madrasah, dan musala darurat untuk warga terdampak gempa bumi Cianjur.

(*/eki)