Tri Tito Karnavian: Jadikan Temu Kader Dasawisma sebagai Momentum Akselerasi Program TP PKK

Temu Kader Dasawisma PKK
Temu Kader Dasawisma PKK dan Pelatihan Kelompok Kerja. (f/kemendagri)

Karawang, Mjnews.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar Temu Kader Dasawisma PKK dan Pelatihan Kelompok Kerja (Pokja) yang mengusung tema “Peran Strategis Dasawisma dalam Peningkatan Kualitas Keluarga Indonesia” di Kabupaten Karawang, Rabu (7/12/2022).

Ketua Umum (Ketum) TP PKK Tri Tito Karnavian berharap, kegiatan tersebut dapat dimaknai sebagai media yang sarat makna bagi gerakan PKK pada masa yang akan datang. Selain itu, Tri juga berpesan agar forum tersebut menjadi momentum titik balik dimulainya era akselarasi program-program TP PKK.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) Tahun 2022 dan bersifat supervisi serta dialog dengan para kader PKK dan Dasawisma,” ungkap Tri.

Baca Juga  Wamendagri Sampaikan Kunci Penting Pengendalian Inflasi di Daerah

Tri menekankan, sejarah Hari Ibu di Indonesia tidak bisa lepas dari peristiwa Kongres Perempuan Indonesia I yang dihelat tanggal 22-25 Desember 1928. Penetapan 22 Desember sebagai Hari Ibu mengacu pada kongres tersebut.

“Kalau Ibu-Ibu 94 tahun lalu sudah berkumpul deklarasi di Kongres Perempuan Indonesia I, saya yakin Ibu-Ibu zaman sekarang tidak kalah hebatnya. Dengan PKK kita bisa berbuat banyak untuk bangsa dan negara,” ujar Tri.

Di sisi lain, tambah Tri, TP PKK Pusat mendorong kader PKK di daerah untuk bersinergi dengan program pemerintah yang termuat dalam 10 Program Pokok PKK dan Rencana Induk Gerakan PKK.

“Temu Kader Dasawisma di Kabupaten Karawang dihadiri 150 kader. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Hasil Rakornas TP PKK Tahun 2022 tentang Peran Strategis Dasawisma dalam Peningkatan Kualitas Keluarga Indonesia,” imbuh Tri.

Baca Juga  Dasawisma Mawar I Tigo Jangko Wakili Tanah Datar ke Tingkat Provinsi

Dalam kegiatan tersebut, kedatangan Ketum TP PKK beserta rombongan disambut Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro, Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Kemendagri Chaerul Dwi Sapta. Hadir pula Sekum TP PKK Nani Suhajar Diantoro, Pengurus Pusat TP PKK, Pengurus TP PKK Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang, serta Kader PKK juga Kader Dasawisma.

(rel/eki)