UNESCO-IOC Tetapkan Dua Kelurahan di Kota Padang sebagai Tsunami Ready Community

Tsunami Ready Community
UNESCO-IOC Tetapkan Dua Kelurahan di Kota Padang sebagai Tsunami Ready Community. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id – UNESCO-IOC kukuhkan Dua kelurahan di Kota Padang sebagai Tsunami Ready Community (Masyarakat Siaga Tsunami). Pengakuan tersebut menggambarkan bahwa dua kelurahan yang berada di pesisir pantai itu siap, peduli dan tangguh dalam upaya penanggulangan bencana gempa dan tsunami.

Pengukuhan Tsunami Ready Community dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana di Pelataran Parkir Pantai Cimpago Padang, Senin (26/12/2022) sore, oleh Head of IOTIC UNESCO-IOC Ardito M. Kodijat bersama Kepala BMKG Pusat Prof Dwikorita Karnawati.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengukuhan ditandai penyerahan Sertifikat Tsunami Ready Community UNESCO-IOC kepada Wali Kota Padang serta kepada Ketua Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Purus dan KSB Kelurahan Lolong Belanti.

Baca Juga  Ada Warga Ngaku Sudah 4 Hari Belum Makan, Ini Kata Kadinsos Padang

Hadir saat itu Deputi Geofisika BMKG Dr. Suko Prayitno, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Suaidi Ahadi serta Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbar Fajar Sukma.

Selain itu juga terlihat Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap beserta unsur Forkopimda Kota Padang lainnya. Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekda Kota Padang Andree Algamar beserta para Asisten, kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Padang.

Wako Hendri Septa juga menyebutkan, seiring dengan program Tsunami Ready Community, Pemko Padang telah mendorong setiap kelurahan untuk siap secara mandiri menghadapi ancaman tsunami dengan menyiapkan sebanyak 12 indikator yang telah ditetapkan UNESCO-IOC.

“Alhamdulillah, 12 indikator itu telah dinilai oleh Tim UNESCO-IOC. Alhasil, dua kelurahan kita yakni Lolong Belanti dan Purus secara resmi diakui dan dikukuhkan sebagai Tsunami Ready Community hari ini,” ujarnya.

Baca Juga  DPRD Kota Padang Kembali Berduka, Lawwira Berpulang

“Insya Allah, kita juga akan mendorong kelurahan lainnya untuk menyiapkan indikator-indikator yang disyaratkan tersebut. Semoga dengan upaya ini semakin banyak kelurahan yang siap, semakin besar pula kesiapan masyarakat Kota Padang dalam menghadapi ancaman bencana gempa dan tsunami,” sambung Wako Padang menambahkan.

Terakhir Wako Hendri Septa juga turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak baik masyarakat serta KSB, KOGAMI, BMKG, BPBD dan semua unsur yang terlibat mendukung Kelurahan Lolong Belanti dan Purus sehingga dikukuhkan sebagai Tsunami Ready Community oleh UNESCO-IOC.