Wabup Tanah Datar Konsultasi dan Audiensi ke Balai Pemerintahan Desa di Lampung

Audiensi ke Balai Pemerintahan Desa
Wabup Tanah Datar, Richi Aprian Konsultasi dan Audiensi ke Balai Pemerintahan Desa di Lampung. (f/prokopim)

Natar, Mjnews.id – Guna lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Pemerintah Nagari di Tanah Datar, Wakil Bupati Richi Aprian didampingi Sekretaris BKPSDM, Dinas PMDPPKB dan Bagian Pemerintahan Setda melaksanakan konsultasi dan audiensi dengan Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung.

Rombongan dari Tanah Datar disambut langsung Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Irsan, Selasa (6/12/2022) di ruang kerjanya.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di kesempatan itu Wabup Richi Aprian menyampaikan ucapan terima kasih kunjungannya bersama rombongan diterima langsung kepala Balai.

“Terima kasih atas kesediaan pak kepala Balai menerima kunjungan kami, semoga dengan kunjungan ini setidaknya kita bisa menimba ilmu bagaimana cara untuk terus meningkatkan kapasitas SDM Pemerintah Nagari,” sampainya.

Dikatakan Wabup Richi lagi, aparatur Pemerintah Nagari yang merupakan ujung tombak pembangunan dalam masyarakat diharapkan juga terlindungi dan terhindar dari potensi yang akan menyebabkan terlibat masalah hukum, terutama terkait dalam pendataan aset nagari.

Baca Juga  Bupati Tanah Datar Bertemu Perantau IKPT Jaya

“Di kesempatan kunjungan ini tentunya kita juga ingin mengetahui cara untuk melaksanakan program yang baik, terutama dalam pendataan aset nagari yang baik, sehingga tidak terjadi permasalahan yang akan berurusan dengan hukum,” tambah Richi.

Di samping itu, Wabup menyampaikan harapan dengan kunjungan itu juga bisa menggali informasi tentang bagaimana cara menciptakan pola hubungan yang ideal antara beberapa unsur penyelenggara seperti Kerapatan Adat Nagari atau KAN, Wali Nagari, dan Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari atau BPRN.

“Dengan hubungan yang ideal tentunya roda pemerintahan di nagari akan berfungsi dengan baik yang tentunya juga mengedepankan prinsip ABS-SBK dapat terwujud dengan sebagaimana mestinya,” tukas Richi.

Baca Juga  Wabup Lampura Hadiri Buka Puasa Bersama Ketua Partai Demokrat Lampung

Sementara itu, Kepala Balai Irsan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Wabup bersama rombongan yang melakukan audiensi.

“Selamat datang pak Wabup bersama rombongan di balai ini, semoga apa yang menjadi keinginan kita bersama bisa kita bantu,” katanya.

Adapun Balai Pemerintahan Desa di Lampung ini memiliki tugasnya sebagai lembaga yang melaksanakan pelatihan di bidang Pemerintah Desa atau Nagari yang meliputi Kepala Desa (Wali Nagari, Perangkat Desa/Nagari,Badan Permusyawaratan Desa/Nagari, Lembaga Adat Desa/Nagari.

Sedangkan fungsinya adalah Pelaksanaan pelatihan di bidang Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa/Nagari. Pelaksanaan pelatihan di bidang Kelembagaan dan Kerjasama Desa/Nagari, serta Keuangan dan Aset Desa/nagari. dan Pelaksanaan urusan Tata Usaha, Kepegawaian, Keuangan, Administrasi Umum, Perpustakaan, Perlengkapan dan Rumah Tangga.

(prokopim)