Wagub Audy Buka Rakor Penyuluh Perikanan se-Sumbar

Rakor Penyuluh Perikanan
Wagub Audy Joinaldy dalam Rakor Penyuluh Perikanan se-Sumatera Barat. (f/diskominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Wakil Gubernur (Wahgub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy buka Rapat Koordinasi (Rakor) Penyuluh Perikanan se-Sumatera Barat di Aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Kota Padang, Rabu (21/12/2022).

“Kalau bukan karena penyuluh, program tidak akan tepat sasaran. Karena penyuluh memiliki peran penting sebagai garda terdepan,” ungkap Audy.

Peran penyuluh perikanan sangat penting dalam menjalankan sebuah program. Peran penyuluh sangat membantu memberikan informasi kepada masyarakat. Oleh sebab itu penyuluh harus mampu berkomunikasi, berkoordinasi, memiliki kemampuan leadership, integritas, kreativitas, dan kompetensi. Tetapi yang paling utama adalah knowledge.

Menjadi penyuluh tidak serta merta semudah bercengkrama seperti biasa. Diperlukan strategi dan ini sangat penting bagi penyuluh untuk terus meningkatkan kemampuannya. Hal ini sejalan dengan kebutuhan yang memang harus dimiliki oleh penyuluh.

Baca Juga  Dipeluk Wagub Audy, Lansia PSTW Batusangkar Menangis Bahagia

“Rapat koordinasi ini harus bisa menghasilkan, upgrade komunikasi, kreativitas, knowledge penyuluh. Selain softkill, hardskill penyuluh juga harus di-upgrade,” lanjut Audy.