Wali Kota Bukittinggi Checking Terakhir Persiapan Pedati ke-12

Erman Safar bersama siswa
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama siswa saat checking terakhir persiapan Pedati ke-12. (f/siti aisyah)

Bukittinggi, Mjnews.id – Pastikan persiapan pelaksanaan Pentas Budaya Seni Pameran Dagang dan Industri (Pedati). Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Ketua Umum dan panitia lainnya, turun ke lapangan untuk melakukan checking terakhir persiapan Pedati ke-12 tahun 2022, Kamis 15 Desember 2022.

Acara ini dipusatkan di lapangan Wirabraja Jalan Sudirman Bukittinggi. Kegiatan Pedati dilaksanakan selama 15 hari mulai 15 dan berakhir 31 Desember 2022. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wali Kota Erman Safar menjelaskan, untuk memastikan penyelenggaraan pedati, ia sengaja memimpin secara langsung rapat evaluasi dan pengecekan ke lapangan terhadap seluruh tempat penyelenggaraan, baik di Lapangan Kantin maupun di Jam Gadang. 

“Insya Allah 15 Desember 2022, pukul 19.30 WIB malam ini, Pedati ke-12 akan kita buka secara langsung. Sebelumnya, tentu kita mengarahkan panitia pelaksana yang diketuai Sekda Martias Wanto dan panitia lainnya, bahwa Pedati ini merupakan bagian dari kegiatan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-238,” ungkap walikota.

Baca Juga  Bupati Agam Diundang Khusus Lepas Pawai Ta’aruf Khatam Al-Qur’an di Jambu Aia

Untuk itu, lanjut Wako, penyelenggaraan Pedati ke-12 ini harus berjalan dengan baik dan dapat menyelenggarakan seluruh rangkaian kegiatan dengan sempurna.

Kepada Awak media, Wako menyampaikan, penyelanggaraan Pedati 2022 ini, dilaksanakan berkat kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Hal ini dilakukan mengingat semenjak tahun 2011 kegiatan Pedati ini vakum di Kota Bukittinggi.

“Sesuai dengan situasi dan kondisi perkembangan perekonomian sosial budaya masyarakat Bukittinggi apalagi sejak pandemi covid, Pemko merasa perlu mengambil langkah untuk bagaimana pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, untuk mendukung Bukittinggi hebat,” ujarnya.

Wako mengakui Pedati merupakan salah satu sarana yang dimiliki oleh Bukittinggi sejak beberapa tahun lalu itu, dirasa sangat signifikan untuk dilaksanakan kembali di Bukittinggi mulai tahun ini. 

Baca Juga  Sepekan Lebih Tak Hadir Mengajar, Plt Kadisdikbud Pasbar Segera Ambil Tindakan

Dalam pelaksanaannya, Pemko juga menggandeng 2.500 pelajar SMA se derajat se Kota Bukittinggi sebagai relawan Pedati. Mereka akan ditempatkan di lokasi kegiatan, Lapang Kantin, Jam Gadang, Panorama, Benteng dan Pasar Atas.

“Dengan melibatkan tenaga siswa sosial ini secara volunteer, mereka dapat menimba ilmu dalam komunikasi, silaturrahmi dan penyelenggaraan event, yang pada dasarnya nanti, mereka yang akan menyelenggarakan event event besar seperti ini,” ungkapnya.

Wako kembali menegaskan, agar seluruh panitia penyelenggara dapat menjalin keharmonisan, ketertiban dalam penyelenggaraan Pedati 12 ini. Karena disamping untuk pertumbuhan ekonomi, juga sekaligus memberikan pendidikan karakter untuk pelajar Bukittinggi dalam belajar mengorganisir event di kotanya.

“Secara umum, persiapan panitia sudah ready. Kami ucapkan terima kasih pada seluruh panitia. Kami tetap mengingatkan selama kegiatan berlangsung, untuk tetap waspada dan menjaga ketertiban,” pungkas Wako.

(Aii)