Baznas Pasaman Barat Peringati Hari Ulang Tahun ke-22

Baznas Pasaman Barat Peringati Hari Ulang Tahun ke-22
Baznas Pasaman Barat Peringati Hari Ulang Tahun ke-22. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, pada Selasa (17/1/2023), dihadiri Wakil Bupati Risnawanto yang didampingi Kepala Kantor Kemenag Pasbar, Staf Ahli Bidang Agama Adrianto, Kabag Kesra Hartasani, dan para Komisioner Baznas.

Wakil Bupati Risnawanto menyampaikan, atas nama Pemda serta masyarakat Pasaman Barat mengucapkan selamat ulang tahun kepada Baznas yang ke-22 tahun, yang diperingati setiap 17 Januari. Ia berharap, Baznas dapat terus mengajak dan membangkitkan kesadaran masyarakat Pasbar untuk berzakat.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Semoga di usia yang terus bertambah ini, Baznas akan tumbuh semakin kuat, terpercaya dan modern. Bisa terus mengajak dan memfasilitasi masyarakat Pasbar untuk berzakat, membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan saudara-saudara yang membutuhkan,” kata Risnawanto.

Ia meminta Baznas agar meningkatkan kepedulian sosial dan solidaritas masyarakat dengan saling berbagi dan peduli, serta memperkuat ekonomi umat islam. Meningkatkan potensi yang ada dalam hal pengumpulan dana zakat, infaq dan sedekah baik secara individu dan kelompok dan kelembagaan lainnya.

Baca Juga  Sosialisasikan Pertashop di Sumbar, Dirjen Bina Pemdes Tekankan Pentingnya Dukungan Pemda

“Semoga ke depan Baznas akan melakukan terobosan baru sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada dalam hal penyaluran atau pendistribusian zakat infak sedekah, agar sesuai dengan ketentuan syariat serta peraturan dan undang-undang yang berlaku,” jelas Wabup Risnawanto.

Ketua Baznas Pasbar Muhajir berharap dalam momentum peringatan HUT Baznas yang ke-22, Baznas tetap menjadi Lembaga Utama Sejahterakan Ummat.

“Kami sebagai Amil Zakat di Kabupaten Pasaman Barat, tetap berupaya memaksimalkan potensi yang ada, baik dalam pengumpulan dan penyaluran sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Muhajir.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya meminta dukungan dari seluruh pihak agar keberadaan Baznas semakin eksis di tengah masyarakat.

“Ke depan kami menargetkan untuk menjangkau beberapa daerah pinggir dan terisolir dalam hal pendistribusian dan penyaluran, baik zakat, infak dan sedekah. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan moril dan materil dari pihak terkait, kemudian ucapan terima kasih kepada seluruh mustahik yang sudah percaya kepada Baznas Pasbar,” katanya.

Baca Juga  685 Ikan Cupang dari 5 Negara Ikuti West Sumatera Internasional Betta Festival 2022 di Padang

Senada dengan itu, Ketua Panitia Pelaksana Hidayat Komari menyampaikan rangkaian acara pada milad Baznas tingkat Kabupaten Pasaman Barat, diantaranya ialah Anjangsana ke Panti Asuhan Yayasan Bunda Berbagi untuk menyantuni anak panti asuhan, kemudian Takmil atau Khatam Quran oleh seluruh Komisioner dan seluruh Amil Pelaksana Baznas.

“Puncak rangkaian acara adalah pada hari ini pelaksanaan syukuran bersama Pemda Pasbar, Kemenag Pasbar, para Muzakhi, Mustahik dan undangan lainnya,” tangkasnya.

Di akhir acara juga dilakukan Penyerahan UPZ Baznas Kabupaten Pasaman Barat yakni pengumpul zakat terbanyak di Pasbar yakni kepada Sofyan Sahuri, Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Luhak Nan Duo dan Dodi, Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Pasaman yang diserahkan oleh Wabup Risnawanto didampingi Ketua Baznas Muhajir.

(wal)