Bupati Padang Pariaman Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur di Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia tahun 2023
Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur di Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia tahun 2023, Selasa (17/01/2023). (f/ist)

Jakarta, Mjnews.id – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kepala daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia tahun 2023, yang dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada Selasa (17/01/2023), bertempat di Sentul International Convention Centre (SICC), Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan, dalam mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, seluruh otoritas harus bekerja, bahkan diminta untuk masuk hingga ke pasar-pasar. Perlu langkah antisipasi dan hati-hati terhadap kenaikan harga bahan pangan pokok. Lalu katanya, pemerintah daerah dan pusat harus bekerja detail seperti itu.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dan dia mengimbau, kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk bisa cepat mengambil tindakan dalam mengantisipasi naiknya harga kebutuhan bahan pokok untuk masyarakat. Dia mengajak, bersama untuk mendorong sinkronisasi pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan proses reformasi birokrasi, mendorong percepatan investasi masuk.

Baca Juga  Ternyata, Wali Nagari Ambung Kapua Sebut Ada Dua Ruas Jalan Tanah yang Belum Ditingkatkan

“Bupati, walikota dan gubernur harus sering sering masuk pasar, cek betul apa data yang diberikan sesuai fakta di lapangan,” pesan Jokowi.

Kendati demikian, Presiden Jokowi mensyukuri karena inflasi di Indonesia sepanjang 2022 masih terkendali, yakni berada pada kisaran 5,5%. Dia menyebut, angka inflasi di Indonesia tersebut, masih lebih rendah dibandingkan dengan inflasi di negara-negara lainnya.

“Sehingga saya minta seluruh gubernur, bupati dan walikota, bersama dengan Bank Indonesia untuk terus memantau harga barang dan jasa yang ada di lapangan, sehingga selalu terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian besar datang,” tambahnya menegaskan.

Bupati Suhatri Bur hadir bersama Ketua DPRD Padang Pariaman Arwinsyah, Kapolres AKBP M Qori Oktohandoko, dan Kasdim Kodim 0308 Pariaman Mayor Inf. Darius B. Juga hadir dalam Rakornas tersebut, jajaran kementerian terkait, gubernur, bupati/walikota beserta Forkopimda se Indonesia.

Baca Juga  Bupati Agam Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023

Rakornas yang bertajuk Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi ini, menghadirkan narasumber dari para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Diisi dengan materi mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian Inflasi, investasi dan kemudahan perizinan.

Kemudian seluruh kepala daerah yang hadir juga menerima materi terkait Penanganan Covid-19, Stunting. Begitu juga penanganan kemiskinan dan jaring pengaman sosial serta stabilitas politik, hukum, keamanan dan pengawasan.

(Tka/rel)