Geliat Petugas Dishub Amankan Arus Lalu Lintas Kota Padang Panjang

Petugas Dishub Amankan Arus Lalu Lintas
Petugas Dishub Amankan Arus Lalu Lintas dalam Kota Padang Panjang. (f/maison)

Padang Panjang, MJNews.id – Untuk nenghindari kemacetan dalam Kota Padang Panjang pada jam sibuk waktu masuk kantor dan sekolah, jajaran Dinas Perhubungan Padang Panjang rutin gelar pengaturan dan pengamanan arus lalu lintas saat jam sibuk pada pagi hari di sepanjang jalan.

Hal tersebut dikatakan Kadishub, Arkes Refagus menjawab MJNews.id, di ruang kerjanya, Jum’at (06/1/2023) pagi.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita himbau pada pengendara tetap berhati-hati, utamakan keselamatan dan kecepatan. Artinya, sering terjadi kecelakaan karena pengendara dan pejalan kaki sering abai akan keselamatan. Apalagi, di waktu jam sibuknya aktivitas, lalu lintas pada pagi hari para pengendara banyak yang terburu-buru sampai di tujuan, sehingga abai akan keselamatan banyak orang,” katanya.

“Terjadinya insiden kecelakaan, banyak dipengaruhi oleh faktor pengemudi yang sering abai akan keselamatan. Apalagi, pada hari Jumat dan Senin hari pasarnya kota Padang Panjang, aktivitas jalan sangat tinggi pada pagi hari. Meski, petugas sudah kita sebar kebeberapa titik yang dianggap rawan laka lantas,” ujar Arkes Refagus.

Baca Juga  Polisi Ringkus Dua Tersangka Pencurian Sepeda Motor di Labuah Luruih Pasbar

Sebelum bepergian, periksa keadaan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Jika lelah dan mengantuk pinggirkan kendaraan di tempat yang aman dan tidak menggangu arus lalu lintas.

“Intinya, untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan itu yang dilakukan bagi pengendara, jangan memaksakan diri bila kondisi badan tidak memungkinkan,” katanya.

Jaga jarak iring kendaraan dalam berkendara dan berhati-hati dalam mendahului kendaraan yang di depan. Jika terjebak kemacetan bersabarlah, jangan saling mendahului. Banyak pengendara lakukan bila terjadi kemacetan saling dahulu dan potong kendaraan lain itu yang mmembuat macat makin parah.

Yang terpenting, patuhilah rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas yang sedang bertugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas dan perjalanan. Lancarnya, arus lalu lintas tenu ditunjang dari sikap waktu di jalanan. Bila, sikap kita semaunya dijalanan tentu akan mambawa dampak buruk pada arus lalu lintas dan pejalan kaki.

Baca Juga  Peringati HANI 2022, Petugas Lapangan Pemko Padang Panjang Tes Urine

Pada pergantian tahun baru, yang baru saja dilewati, arus lalu lintas di Kota Padang Panjang cukup terkendali. Kemacetan yang ditakuti tidak terjadi, pada malam pergantian tahun arus lalu lintas dari dan mau masuk Padang Panjang terurai dengan baik.

“Kita mengucapkan terima kasih banyak pada petugas di lapangan yang susah payah dalam mengurai kemacetan, tiap titik yang dianggap akan menjadi biang kemacetan. Kita sudah tempatkan beberapa petugas,” ujar Arkes Refagus.

Sang Kadis mengatakan, untuk tugas rutin sehari hari pengamanan jalan sepanjang ruas jalan dalam kota para petugas siaga di titik rawan kemacetan, seperti depan kantor Balai Kota, depan pasar kuliner, simpang padang dan titik yang dirasa akan membuat kemacetan lalu lintas.

“Untuk mengantisipasinya, pihaknya sudah menempatkan petugas,” jelas Arkes Refagus.

(Son)