Gubernur Kepri Lepas Peserta Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama
Gubernur Ansar, Melepas Peserta Jalan Santai di Lapangan Gedung Community Center, Teluk Sebong, Bintan. (f/biro adpim)

KEPRI, Mjnews.id – Meriahkan Hari Amal Bhakti ke-77 Kemenag RI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan bekerjasama dengan FKUB Kabupaten Bintan selenggarakan Kegiatan Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama di Lapangan Gedung Community Center, Teluk Sebong, Bintan, Sabtu (07/1/2023).

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad buka kegiatan yang diikuti ratusan masyarakat Kabupaten Bintan dari berbagai unsur agama, sesuai dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelum melepas peserta, Gubernur Ansar kembali mengajak masyarakat untuk bersyukur karena Indonesia dianugerahkan bonus demografi yang begitu besar, sebagai negara kepulauan terbesar di Indonesia dengan berbagai suku bangsa dan agama yang diakui.

“Kita bersyukur sampai saat ini dapat menjaga keutuhan negeri. Dengan masyarakat yang heterogen di negeri seluas ini, hal itu tak mudah. Tapi kita punya komitmen nasional bersama dengan ikatan 4 pilar kebangsaan yang selalu kita junjung,” ujarnya.

Baca Juga  Mushala Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Darul Ikhlas Tartilaa Mulai Dibangun

Keempat pilar yang dimaksud Gubernur Ansar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat pilar inilah yang menurut Gubernur Ansar menjadi perekat bagi seluruh umat beragama dan masyarakat Indonesia.

Di Kepri, lanjutnya, hal yang sama juga terjadi. Meski masyarakatnya majemuk dan heterogen, kehidupan dapat dikatakan tenteram dan damai. Hampir tidak ada konflik-konflik horizontal.

“Ini dibuktikan dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2021 sebesar 76,20%, lebih tinggi dari rata-rata Nasional yang berada di angka 72,39%. Oleh sebab itu, hal ini membawa Provinsi Kepulauan Riau berada pada peringkat pertama se-Sumatera dan peringkat ke-9 se-Indonesia” papar Gubernur Ansar.

Baca Juga  5.673 Pelajar se-Kota Bukittinggi Ikuti Pesantren Ramadhan

Sebagai informasi, saat ini persebaran masyarakat Kepri menurut agama antara lain Islam sebanyak 78,3%, kristen 11,91%, katolik 2,48%, hindu 0,04%, buddha 7,1%, konghucu 0,16%, dan aliran kepercayaan 0,01%.

Untuk itu, Gubernur Ansar menyampaikan apresiasi kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan yang bekerja sama dengan FKUB Kabupaten Bintan dan kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan jalan santai ini.

“Selain sebagai momen untuk menjaga kebugaran jasmani, juga diharapkan menjadi momen kita untuk bersilaturahmi dalam meningkatkan kerukunan, yang mana selain menjaga hubungan dengan Pencipta-Nya, manusia juga diperintahkan untuk menjaga hubungan baik dengan sesama manusia” tutupnya.

(ron/isb)