IKPB Jakarta Raya Serahkan Bantuan Korban Gempa di Kajai dan Timbo Abu

IKPB Jakarta Raya Serahkan Bantuan Korban Gempa di Kajai dan Timbo Abu
IKPB Jakarta Raya Serahkan Bantuan Korban Gempa di Kajai dan Timbo Abu. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Ikatan Keluarga Pasaman Barat (IKPB) Jakarta Raya untuk kedua kalinya serahkan bantuan kepada korban bencana gempa bumi Pasaman Barat yang terjadi pada 25 Februari 2022 lalu. Bantuan tahap II kepada masyarakat Kajai dan Timbo Abu Kecamatan Talamau tersebut diserahkan pada Minggu (8/1/2023) di Hotel Gucci Simpang Empat.

Ketua Umum IKPB Jakarta Raya, Gontam Yusuf menjelaskan, perantau dari Pasaman Barat atau memiliki keturunan dari Pasaman Barat memiliki rasa sepenanggungan terhadap musibah gempa yang terjadi hampir setahun yang lalu.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jika pada bantuan tahap I kami berhasil mengumpulkan donasi dari anggota dan donatur sebanyak Rp 70 juta yang telah kita salurkan seminggu pasca gempa. Untuk bantuan kali ini lebih banyak dari sebelumnya yakni Rp 106 juta lebih,” jelas Gontam.

Baca Juga  Wabup Pasbar Beri Tenggang Waktu 3 Hari Lengkapi Data Gempa

Bantuan kali ini, katanya, diberikan kepada 34 penerima donasi gempa dan 40 penerima zakat. Penerima bantuan gempa berasal dari DKM masjid, mushala, sekolah agama seperti TPA, kepala sekolah tahfidz, dan Taman Kanak-Kanak. Sedangkan penerima zakat mal itu terdiri dari para dhu’afa, lansia dan orang sakit.

Bupati Hamsuardi sampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada perantau Pasaman Barat yang tergabung dalam IKPB Jakarta Raya yang sudah tersentuh hatinya untuk melihat musibah yang terjadi di kampung halaman.

“Berat sama dipikul ringan sama dijinjing ternyata terasa sekali ketika gempa Pasbar terjadi. Saya bersama Bapak Wabup berjibaku dengan segala upaya menolong masyarakat, walaupun belum ada pengalaman kita tentang itu. Saya tegaskan di sini, bahwa penanganan gempa ini belum selesai dan masih terus berlanjut hingga sekarang. Bantuan rehab rumah hunian tetap masih terus kita usahakan,” kata Hamsuardi.

Baca Juga  Jadi Narasumber Seminar Nasional PDMI di Jambi, Gubernur Mahyeldi Paparkan Hal Ini

“Rencananya saya juga akan mengundang pemerintah pusat untuk datang ke Pasaman Barat untuk menjelaskan kepada masyarakat prosedur penyaluran bantuan gempa itu seperti apa. Sehingga tidak Pemerintah Daerah saja yang disalahkan oleh masyarakat,” kata Hamsuardi.

Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar Erianto juga meminta masyarakat untuk sabar menunggu bantuan dana gempa. Karena mekanisme bantuan gempa harus sesuai dengan aturan keuangan baik aturan keuangan pemerintah pusat maupun daerah.

“Karena tidak bisa dengan sesuka hati kita saja dalam menyalurkan bantuan ini,” kata Erianto.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Risnawanto, Wakil Ketua DPRD Endra Yama Putra, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PUPR, Camat Talamau, Tuanko Bosa Talu, Wali Nagari dan stakeholder terkait lainnya.

(wal)