KPU Kota Sawahlunto Lantik 20 Anggota PPK

KPU Kota Sawahlunto Lantik 20 Anggota PPK
KPU Kota Sawahlunto Lantik 20 Anggota PPK. (f/uni)

Sawahlunto, MJNews.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Kota Sawahlunto, Fadlan Armey melaksanakan kegiatan pelantikan dan Bimbingan Teknis terhadap Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu tahun 2024, di Khas Ombilin Rabu 4 Januari 2023.

Ketua KPU kota sawahlunto Fadlan Armey menyebutkan, pelantikan yang dilakukan merupakan tahapan proses pemilu yang dilakukan oleh KPU, mulai dari pendaftaran, verifikasi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara. Dari 212 masyarakat kota Sawahlunto yang ikut tes tertulis tersebut, KPU telah menetapkan 20 orang anggota untuk empat kecamatan.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

”Dengan telah dilantiknya 20 orang anggota PPK ini, diharapkan, tertumpang harapan untuk dapat mengemban tugas, tanggung jawab dan wewenang selaku PPK, bagaimana tahapan tahapan selaku penyelenggara pemilu dapat berjalan dengan baik,” pinta Fadlan.

Fadlan juga merinci ada beberapa tahapan pemilu yang telah dan akan dilalui, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, ada 11 tahapan dimulai dari perencanaan anggaran, pemutakiran data pemilih, pendaftaran peserta partai politik, pentapan partai politik, penetapan daerah pemilihan dan kursi, pencalonan Presiden DPD, dan juga pencalonan anggota dewan, serta berbagai tahapan lainnya sampai pengambilan sumpah dan janji presiden, DPD, dan DPR RI.

Baca Juga  KI Sumbar Verifikasi Faktual Badan Publik ke Padang Panjang

Fadlan meminta kepada anggota PPK yang telah dilantik, untuk dapat menjalin koordinasi dan Komunikasi yang baik dengan beberapa pihak terkait sehingga apa yang menjadi niat untuk mensukseskan pemilu khususnya di Kota Sawahlunto dapat berjalan dengan lancar.

Kepada pemerintah kota diharapkan dapat memfasilitasi untuk keseretariatan PPK, karena kesusksesan pemilu tidak hanya bisa sukses oleh penyelenggara saja melainkan perlu dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam arahannya menyampaikan selamat kepada 20 orang anggota PPK yang telah dilantik.

Ini bukanlah pekerjaan yang gampang, melihat pengalaman di beberapa waktu yang lalu, ini pekerjaan yang sangat berat, untuk itu dibutuhkan eksistensi dan stamina dalam melaksanakan tugas ini dengan baik.

Harapan dari pemerintah, Pelaksanaan Pemilu yang baik akan menghasilkan hasil pemilu yang baik juga, sebaliknya, jika hasil pemilu yang tidak baik, juga akan menghasilkan tokoh tokoh terpilih yang tidak baik juga, dan suksesnya peneyelenggaraan poemilu ini menjadi tanggung jawab bersama agar bisa melaksanakan pemilu ini dengan baik.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Buka Webinar Millenial Entrepreneur Melalui Sekolah

”Untuk itu, Anggota PPK ini harus tau dengan regulasi yang ada. selain itu fisik yang sehat juga sangat dibutuhkan sebagai penyelenggara Pemilu agar setiap tahapan dapat berjalan dengan lancar,” ungkap walikota.

Pelantikan Anggota PPK ini juga di hadiri oleh Ketua Bawaslu beserta Komisioner, OPD terkait seperti Kesbang Pol, Camat yang ada di Kota Sawahlunto dan perwakilan Insan Media, Anggota yang telah dilantik langsung dibekali dengan Bimbingan Teknis.

(Uni)