Mahyeldi Gaungkan Semangat ‘Sumatera Barat, Ayo Bersih’

Mahyeldi foto bersama usai bersih-bersih di Masjid Raya Sumbar
Gubernur Mahyeldi foto bersama usai bersih-bersih di Masjid Raya Sumbar. (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Pagi yang cerah, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi bersama Sekretaris Daerah Provinsi Hansastri, Asisten, Kepala OPD, beserta Aparatur Sipil Negara (ASN), Rabu (4/1/2023) berjalan santai bersama ASN.

Jalan santai dimulai dari Kantor Gubernur sampai ke Masjid Raya Sumbar. Di sepanjang jalan, Gubernur menyapa masyarakat sekitar.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sesampainya di Masjid Raya Sumbar, Mahyeldi mulai bersihkan rumput liar di halaman Masjid bersana ASN lainnya. Tidak hanya rumput, daun-daun yang berjatuhan di sekitaran Masjid juga dibersihkan dan dimasukkan ke dalam karung sampah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Masjid Raya Sumbar yang merupakan tempat ibadah tetap bersih dan terjaga keindahannya.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Terima Anugerah Daerah Peduli Penyiaran 2022 dari KPI

“Hal Ini merupakan suatu berkah bagi Masjid Raya Sumbar, karena memang hal tersebut menjadi semangat kita. Karena di tahun 2023 ini saya harapkan Masjid Raya bersih, rapih, dan toiletnya juga lebih bersih,” ujar gubernur seraya membersihkan rumput di halaman masjid.

Sambil bersih-bersih, Mahyeldi berbincang dengan ibu-ibu dan bapak-bapak dari berbagai OPD. Mulai dari Sekertaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri, Asisten, hingga kepala OPD tampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan ini bersama Gubernur.

Selain itu, Mahyeldi juga bersihkan rumput-rumput liar yang menyumbat saluran air. Hal ini dilakukan agar air tidak menggenang di halaman Masjid. “Saya harap di toilet baik itu di restoran, perkantoran, dan tempat ibadah, dijaga kebersihannya,” begitu harapan gubernur.

Baca Juga  Kartini, Korban Kebakaran di Sungai Balai Terharu Didatangi Bupati Pasbar

Gubernur juga mengatakan kerapian kantor menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya tugas petugas kebersihan saja.

“Tujuan diadakannya Gotong Royong (Goro) di Masjid Raya adalah selain untuk membersihkan area masjid juga menyadarkan para pegawai OPD untuk menjaga kebersihan terlebih di lingkungan mereka bekerja,” tutur gubernur.

Gubernur menyebut di tahun 2022 lalu salah satu hal yang menjadi target kerja Pemprov Sumbar adalah soal kebersihan.

“Hal tersebut kita jadikan target kerja kita di tahun ini, mudah-mudahan hal ini dapat menjadi semangat kita di Pemprov Sumbar dan masyarakat Sumbar dalam melaksanakan perintah Rasulullah, bahwasanya kebersihan tersebut sebagian dari iman,” begitu pesan gubernur.

Sumatera Barat, Ayo Bersih!

(MMC)