Mawardi Roska: Pemkab Pessel Komit Kelola Kearsipan yang Baik

Mawardi Roska
Sekretaris Daerah Pessel, Mawardi Roska. (f/ist)

Pesisir Selatan, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di daerahnya, agar mengelola arsip sesuai dengan kaidah kearsipan.

“Komitmen pengelolaan kearsipan, hendaknya dilakukan seluruh SKPD di Pessel,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Pessel, Mawardi Roska, di Painan, Selasa (10/01/2023).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pemahaman yang benar terhadap Arsip sangat penting karena fungsinya sebagai alat bukti sah,” lanjutnya.

“Kapan diperlukan, dapat dilihat kembali,” ujar Mawardi Roska.

Menurut Mawardi Roska, pengelolaan kearsipan yang baik merupakan komitmen Pemkab Pessel Sesuai arahan pemerintah pusat, diwujudkan dengan membuat program inovasi tata kelola arsip sistem digital.

Baca Juga  Pemprov Sumbar dan RSUP M Djamil Padang Tandatangani MoU Pengembangan Sistem Elektronik

“Aplikasi e-office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI),” ucap Mawardi Roska.

Aplikasi SRIKANDI, merupakan hasil kolaborasi antara Kemenpan, Kemenkominfo, BSSN dan ANRI. Bertujuan government to government (G2G), sehingga dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun daerah.

SRIKANDI sebagai aplikasi umum, maka tidak ada lagi kementerian/lembaga/instansi pemerintah yang membangun aplikasi kearsipan sendiri. Karena proses bisnis, standar data dan keamanan datanya sudah terstandar dan terintegrasi.

Baca Juga  Wagub Sumbar Kukuhkan Kepengurusan Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia

SRIKANDI memilki beberapa fitur utama. Di antaranya: fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

Selain itu, juga terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya serta fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

Adapun penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum instansi pemerintah, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan serta mengoptimalkan dalam melindungi kepentingan hak data rakyat.

(canang)