Menteri PUPR Resmikan Masjid Agung Dharmasraya

Basuki Hadimujiono resmikan Masjid Agung Dharmasraya
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimujiono resmikan Masjid Agung Dharmasraya, yang merupakan salah satu ikon di Kabupaten setempat, Jum’at (06/01/2023). (f/eko)

DHARMASRAYA, Mjnews.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono resmikan Masjid Agung Dharmasraya, yang merupakan salah satu ikon di Kabupaten setempat, Jum’at (06/01/2023).

Masjid ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya, yang akan menjadi sebuah wisata religi dan sebagai pusat pendidikan tempat menanamkan nilai-nilai ketaqwaan dan penyebaran syiar Islam serta sebagai untuk membangun ekonomi kesejahteraan umat.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri PUPR. Dimana di sela-sela kesibukannya berkenan hadir dalam rangka peresmian Masjid Agung Dharmasraya, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Dharmasraya yang ke-19 tahun 2023.

“Kehadiran Menteri hari ini, sangatlah berarti bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Saat menyambut kedatangan Bapak Menteri masyarakat kami seperti melihat cahaya harapan. Pasalnya atas bantuan bapak, banyak permohonan masyarakat Dharmasraya yang dipenuhi oleh Pemerintah Pusat,” kata Bupati.

Salah satu yang paling berkesan dan berdampak langsung seperti jembatan di Sungai Batanghari. Saat kunjungan bapak Presiden 2018 lalu, ada masyarakat di dua kecamatan di seberang sungai Batanghari yang menunggu jembatan yang layak untuk mobilisasi ekonomi.

Baca Juga  Guspardi Gaus Hadiri Pelantikan Pengurus MUI IV Koto Periode 2021-2025

“Alhamdulillah tidak lama berselang, Bapak Menteri PUPR, Bapak Basuki bergerak cepat merealisasikannya. Sekarang jembatan ini sudah beroperasi dan sangat bermanfaat,” terang Bupati lagi.

Masih banyak lagi program pemerintah pusat yang disalurkan ke daerah kami. Ada pembangunan gardu induk. Gardu induk ini dibangun sebagai stasiun listrik dari pembangkit listrik gheothermal di Solok Selatan menuju jaringan pasokan energy listrik sumatera. Berkat gardu induk ini Dharmasraya juga surplus energy listrik.

Kemudian ada rusunawa, dana pembangunan rumah sakit baru beserta alat kesehatannya. Ada jalan raya dan jalan usaha pertanian, embung dan bendungan beserta irigasinya. “Alhamdulillah berkat irigasi dan infrastruktur yang maksimal Dharmasraya bisa surplus gabah mencapai 20 ribu ton,” terangnya lagi.

Selain itu, terkait pembangunan Masjid Agung yang merupakan silmbol pembangunan karakter masyarakat madani di Dharmasraya. Masjid ini tidak hanya untuk pusat ibadah. Akan tetapi juga akan menjadi pusat edukasi nilai-nilai islam yang rahmatan iil ‘alamin dan pusat penelitian.

Baca Juga  Polres Dharmasraya Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Arak

Masjid Agung yang akan diresmikan ini, merupakan suatu harapan besar dari masyarakat Dharmasraya. Karena dibangun di waktu masa sulit, yang mana sedang terjadinya Covid-19. Pemerintah Daerah bersama DPRD harus melakukan penganggaran menjadi tiga tahun anggaran dari APBD dengan pagu sebesar Rp.97,8 milyar, dilanjutkan pembangunan lanscape atau halaman masjid dengan sumber dana dari Kementerian PUPR, melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sebesar Rp.19 miliar.