Novermal Yuska Minta PT DSE Bangun Fishway di Bendung PLTMH Batang Pelangai

Bendung PLTMH Batang Pelangai
Bendung PLTMH Batang Pelangai. (f/canang)

Pesisir Selatan, MJNews.id – Bendung Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) yang dibangun PT Dempo Sumber Energi (PT DSE) di Batang Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan tidak dilengkapi dengan tangga atau jalur khusus untuk turun naik ikan bermigrasi (fishway).

“Bendung PLTMH PT Dempo tidak dilengkapi dengan tangga atau jalur khusus sebagai media ikan bermigrasi, padahal bendung memutus aliran air sungai. Jika ini berlanjut secara terus-menerus maka akan mengancam keberadaan ikan Mingkih,” kata anggota DPRD Pesisir Selatan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Novermal Yuska di Painan, Senin 9 Januari 2023.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ikan Mingkih bernama latin Cestraecus Plicatilis, ikan ini hidup di hulu sungai dan bertelur di muara sungai, yang merupakan ikan endemik sungai Batang Pelangai Gadang terancam punah. Pasalnya, jalur migrasi ikan yang hidup di hulu sungai dan bertelur di muara sungai itu, terhalang atau terputus oleh adanya Bendung tersebut.

Baca Juga  Polres Pessel Ringkus Tersangka Penyalahgunaan Sabu-sabu

Saat musim bertelur, ikan secara bergerombol turun ke muara sungai, setelah bertelur kembali ke hulu sungai secara bergerombol pula, sementara anak ikan yang menetas juga akan ke hulu sungai menyusul induknya.

“Ikan Mingkih itu mirip Ikan Gariang, tapi dagingnya tidak berduri dan sisiknya lunak,” jelas Novermal.

Novermal menjelaskan, ikan Mingkih adalah ikan jenis pemakan tumbuhan (herbivore), yaitu lumut yang tumbuh di batu-batu besar di dasar sungai. Ikan ini juga memakan buah dan dedaunan yang jatuh ke sungai. Ikan ini bersifat Katadromous, yaitu bermigrasi atau ber-ruaya dari hulu sungai ke laut di depan muara sungai untuk memijah atau bertelur.

Baca Juga  Cakupan Wilayah Luas, Polda Sumbar Usulkan Tambahan Polsek di Mentawai

“Saya sebagai Anggota DPRD dan putera asli Nagari Pelangai, saya sangat welcome dengan investasi, tapi jangan memusnahkan ikan asli sungai kami,” tegas Novermal.

Selain itu Novermal juga mengatakan, bahwa untuk kelestarian lingkungan maka PT PLTMH PT DSE harus segera membangun tangga atau jalur khusus untuk ikan bermigrasi agar setelah bertelur ikan Mingkih dapat kembali lagi ke hulu sungai.

(canang)