Pembukaan Festival Anak Nagari Koto Gadang Jilid II Meriah

Pembukaan Festival Anak Nagari Koto Gadang Jilid II Meriah
Pembukaan Festival Anak Nagari Koto Gadang Jilid II. (f/ist)

AGAM, Mjnews.id – Pemuda-pemudi anak Nagari Koto Gadang adakan Festival Seni Tradisional Koto Gadang yang disingkat FESTA Koga Jilid II, bertempat di halaman kantor Walinagari Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan ini merupakan agenda tahun ke dua yang menjadi ikon seni budaya bagi Nagari Koto Gadang. Pelaksanaannya di mulai 21 Januari 2023 sampaiĀ 23 Januari 2023.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pembukaan acara FESTA Koto Gadang sangat meriah. Masyarakat tumpah ruah hadir berkunjung untuk menyaksikan acara ini. Pengunjung yang berdatangan tidak hanya datang dari masyarakat Koto Gadang, tapi juga dari nagari-nagari lain.

Baca Juga  Sekda Agam Hadiri Jambore Anak Disabilitas 2021

Selain masyarakat nagari, kegiatan festival seni ini juga mendapat apresiasi dari jajaran pejabat setempat. Tampak hadir dalam FESTA II ini, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, Camat Tanjung Raya, Polsek Tanjung Raya, Wali Nagari Koto Gadang, KAN Koto Gadang, Bamus Koto Gadang, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Salah satu tamu undangan, Reido Deskumar mengatakan bahwa beliau sangat bangga dengan adanya kegiatan FESTA ini.

“Sebagai putra asli Tanjung Raya, saya merasa bangga dengan adanya kegiatan FESTA ini. Bagaimana nilai-nilai seni budaya dilestarikan dengan kolaborasi anak nagari beserta semua unsur elemen masyarakat nagari,” katanya.

Reido yang saat ini tengah konsen dalam pengembangan seni budaya nagari melihat kegiatan ini perlu dipertahankan karena memiliki nilai-nilai edukasi secara langsung ke masyarakat.

Baca Juga  Dinas P3A P2 KB Sumbar Gelar Bimtek Peningkatan Ekonomi Perempuan di Agam

“Kegiatan seperti ini sangat mahal nilainya. Maka perlu dipertahankan dan dilanjutkan agar seni budaya minangkabau tetap hidup dan melekat di hati masyarakat,” tutupnya.

(rel)