Pemko Sawahlunto Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengoperasian Mak Itam dengan PTKAI

Pemko Sawahlunto Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengoperasian Mak Itam dengan PTKAI
Pemko Sawahlunto Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengoperasian Mak Itam dengan PTKAI.

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Pemko Sawahlunto dan PT. KAI Divisi Regional II Sumbar, pada Rabu (25/1/2023) menandatangani perjanjian kerja sama tentang pengoperasian kereta api uap, dari Sawahlunto ke Muaro Kalaban.

Perjanjian kerja sama yang ditandatanganinya oleh Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH bersama dengan Vice President PT. KAI Divisi Regional II Sumbar, Sofan Hidayah mengatur sekaligus secara teknis uraian hak dan kewajiban dari kedua belah pihak untuk mengoperasikan kereta api wisata Lokomotif Uap E1060 Mak Itam.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dalam perjanjian itu disepakati bahwa, kereta api Mak Itam dijalankan satu kali seminggu pada hari Minggu, dan dijadwalkan sekitar pukul 10.00 WIB. Penumpang akan dibawa menggunakan satu gerbong yang memuat maksimal sebanyak 30 orang,” ujar Wako Deri Asta.

Baca Juga  Direktur Sarana Perkeretaapian Tinjau Sarana Kereta Api Mak Itam di Sawahlunto

Untuk tiket penumpang, seharga Rp50 ribu/orang.

“Satu kali perjalanan pulang pergi, penumpang akan dibawa dari stasiun kereta api Sawahlunto menuju stasiun kereta api Muaro Kalaban dan kemudian diantarkan kembali pulang ke stasiun kereta api Sawahlunto,” ujar Wako Deri Asta menjelaskan.

Pengoperasiannya, akan segera dimulai dalam waktu dekat ini. “Ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, apalagi para pencinta kereta api sejak Mak Itam diresmikan oleh Menteri BUMN, Erick Tohir pada bulan lalu. Memang ada jeda waktu setelah itu, karena sebelum kereta mulai beroperasi antara Pemko dan PT. KAI harus rampung dulu kesepakatan mengenai teknis hak dan wewenang masing-masing pihak. Alhamdulillah, sekarang sudah clear (selesai) kesepakatan tersebut,” ujar Wako Deri Asta memberi rincian.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Bahas Potensi Kerja Sama Sumbar dengan Dubes Indonesia untuk Vietnam

Vice President PT. KAI Divre II Sumbar Sofan Hidayah menyebutkan bahwa selain Lokomotif Uap E1060 Mak Itam, pihaknya juga menyiapkan Lokomotif Diesel nomor seri BB 3037804 untuk mendukung pengoperasian kereta api dari Sawahlunto ke Muaro Kalaban.

“Jadi dalam perjanjian kerja-sama ini, PT. KAI berkewajiban untuk mempersiapkan rangkaian, awak (personel) dan prasarana untuk mengoperasikan kereta api ini,” pungkas Sofan Hidayah.

Arie Untung Naik Kereta Api Mak Itam

Arie Untung bersama rombongan berkunjung ke Kota Sawahlunto
Artis Indonesia, Arie Untung bersama rombongan berkunjung ke Kota Sawahlunto, Rabu (25/01/2023).

Sementara itu, pada waktu hampir bersamaan, Rabu (25/1/2023) siang, salah seorang artis Indonesia, Arie Untung bersama rombongannya berkunjung ke Kota Sawahlunto.

Kedatangan aktor tersebut, disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM, sambil menaiki kereta api wisata Mak Itam.

(Fd/Yun)