Ribuan Warga Antusias Saksikan Pawai Budaya HUT Dharmasraya ke-19

Pawai Budaya HUT Dharmasraya ke-19
Ribuan Warga Antusias Saksikan Pawai Budaya HUT Dharmasraya ke-19.

Dharmasraya, Mjnews.id – Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Lintas Sumatera Pulau Punjung untuk menyaksikan pawai budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 19 Kabupaten Dharmasraya, minggu (08/01/2023).

Pawai budaya ini merupakan rangkaian penutup seluruh kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari jadi bumi mekar Rana Cati Nantigo ini.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di panggung kehormatan, tampak Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua TP PKK, Ny. Dewi Sutan Riska. Lalu hadir Ketua DPRD Dharmasraya, Parianto beserta pimpinan dan anggota, Wakapolres Dharmasraya, Kompol Alwi Haskar, Dandim 0310/SSD diwakili Koramil Pulau Punjung Mayor CAJ Tuti Andayani, Sekda Dharmasraya, Adlisman beserta asisten dan kepala OPD, serta tamu undangan lainnya.

Bermula dari komplek Masjid Besar Babussalam Pulau Punjung menuju kantor bupati setempat, ratusan kelompok peserta yang terdiri dari sekolah, OPD, Kecamatan dan Nagari se Kabupaten Dharmasraya berlomba menampilkan kreasi terbaik di hadapan pengunjung.

Nagari Koto Besar, misalnya menampilkan kreasi budaya menambilkan budaya turun mandi. Lain lagi dengan Kecamatan Tiumang yang tak mau ketinggalan juga menampilkan kreasi bertema kebudayaan masyarakat setempat.

Sementara itu Dinas Komunikasi dan Informatika, menampilkan kostum songket kreasi berornamen kelapa sawit. Di belakang kostum utama, diiringi peserta dengan kostum baju kurung basiba. Semakin menarik, penampilan Diskominfo juga ditingkahi musik tradisonal Minangkabau, Tambur Tasa.

Baca Juga  Baznas Padang Panjang Serahkan Laporan Keuangan ke Provinsi

Tidak hanya Dinas Kominfo, Sekretariat Daerah, Perkimtan, Bappeda, DPMPTSP, Dinas PMD, Dinas Kumperda dan sejumlah intansi lain juga menampilkan kostum songket kreasi, yang kesemuanya menarik minat pengunjung untuk diajak berswa foto.

Sedangkan Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, selain menampilkan kreasi kostum juga memamerkan hasil pertanian Dharmasraya, berupa buah-buahan dan sayur sayuran yang menjadi rebutan ibu-ibu untuk dibawa pulang.

Tak mau ketinggalan, sekolah se Dharmasraya juga menampilkan kreasi-kreasi unik untuk dinikmati pengunjung. Diantaranya, kostum kreasi dari bahan daur ulang, seperti plastik, daun kering dan koran bekas.

Tentunya yang paling menarik perhatian adalah penampilan istimewa Marching Band Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat. Harmonisasi dan atraksi yang ditampilkan Marching Band perguruan tinggi kedinasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut membuat pengunjung berdecak kagum. Satu jam penampilan para calon birokrat itu menutup seluruh rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Kabupaten Dharmasraya ke 19 Tahun 2023

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan nampak sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Tak lupa Ia juga menyapa para peserta yang menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan.

Sutan Riska, saat diwawancara pasca kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Dharmasraya atas dukungan dan partisipasinya dalam menyukseskan rangkaian kegiatan hari jadi Dharmasraya ke 19 Tahun 2023.

Baca Juga  Tim Penilai Tingkat Nasional Visitasi Forum Komunitas Peduli Sungai Batang Agam

Katanya, semua kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 2 Januari lalu sampai berakhir hari ini diikuti antuasias masyarakat setempat. Semua acara hiburan yang disiapkan memang diperuntukkan untuk rakyat Dharmasraya.

“Saya tentunya sangat senang dan bergembira sekali, mulai gerak jalan santai di Koto Baru, konser Repvplik di Sport Center, peresmian Mesjid Agung, dendang KIM tadi malam dan pawai budaya ini sebagai penutup semuanya dibanjiri masyarakat,” ucapnya.

Tak lupa, Sutan Riska juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan HUT Kabupaten ke 19. Baik perorangan, swasta, pemerintah daerah, instansi verikal maupun TNI dan Polri.

“Apresiasi khusus kami sampaikan kepada Pak Dandim 0310/SSD dan Pak Kapolres Dharmasraya beserta seluruh jajaran karena kegiatan yang kita laksanakan sejak awal tahun baru berjalan lancar, aman, tertib dan terkendali,” tutur Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu.

(wy)