Sinergikan Arahan Presiden, Bupati Solok Fokus Penguatan Ekonomi Masyarakat

Bupati Solok, Epyardi Asda ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023
Bupati Solok, Epyardi Asda ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Sentul International Convention Centre, Selasa (17/1/2023). (f/kominfo)

Arosuka, Mjnews.id – Bupati Solok Epyardi Asda hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023, yang diadakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bertempat di Sentul International Convention Centre, Selasa (17/1/2023).

Kegiatan ini menindaklanjuti arahan bapak Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi pada tanggal 6 Januari 2023 yang lalu, terkait upaya pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, penanganan stunting dan sejumlah isu lainnya.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Epyardi Asda merespon cepat arahan Presiden RI Joko Widodo untuk berupaya dalam penguatan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan inflasi tahun 2023.

Bupati menyampaikan, pihaknya akan segera menindaklanjuti seluruh arahan Presiden RI Joko Widodo untuk pemerintah daerah agar fokus dan optimis, pada upaya penguatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah resesi dan inflasi.

“Sesuai arahan pak presiden, Pemkab Solok akan fokus pada upaya bagaimana membangkitkan kembali perekonomian rakyat di bawah bayang-bayang resesi dan inflasi, khususnya di daerah. Tentunya ini akan menjadi perhatian kami bersama,” ungkapnya.

Baca Juga  Menkeu dan Mendag Uraikan Peran APBN dalam Pengendalian Inflasi

Dirinya meyakini, sumber daya alam dan manusia yang dimiliki Pemkab Solok merupakan potensi yang mampu membangkitkan perekonomian daerahnya. Menurutnya, jika terkelola dengan baik dan terintegrasi, tentu akan berdampak besar.

Tak hanya memulihkan sektor perekonomian, Ia juga menyampaikan, peningkatan kesejahteraan masyarakat pun menjadi salah satu perhatian jajaran Pemerintah Kabupaten Solok.

“Pemkab Solok akan terus mendorong agar masyarakat bangkit dan berdaya saing, dengan memaksimalkan program yang ada. Untuk itu, saya harap semua stakeholder responsif terhadap kebutuhan masyarakat, baik dalam hal pelaksanaan program dan kegiatan,” tegas Epyardi Asda.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa kondisi Indonesia saat ini setelah mengalami pandemi, stabilitas ekonomi dapat dikendalikan dengan baik, dimana ini merupakan kerja keras dan kolaborasi bersama, tahun 2023 ini masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi kita dan juga bagi ekonomi global, semuanya harus tetap berhati-hati, harus bekerja keras, sehingga kita jangan sampai keliru membuat kebijakan.

Baca Juga  Spirit Harlah Emas ke-50 PPP Padang Panjang, Siap Rebut Pileg 2024

Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri RI mengatakan bahwa berkat kolaborasi dari pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah, pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif yang dilihat berdasarkan laporan BPS Quartal ke-3 tahun 2022 diangka 5,7%.

“Tingkat inflasi juga dapat dikendalikan dengan baik, hal ini sesuai dengan laporan perkembangan inflasi year to year oleh Badan Pusat Statistik, terakhir pada bulan Desember 2022 pada angka 5,51 persen,” jelasnya.

(sis)