Ini Enam Penekanan Kapolres demi Sukses dan Lancarnya Pilkades Sawahlunto

Img 20230516 234626 Resize 5

MJNews.id – Kapolres Sawahlunto, AKBP. Purwanto Hari Subekti pimpin langsung Apel Gelar Pasukan dalam mendukung pengamanan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kota Sawahlunto tahun 2023.

Apel Gelar Pasukan berlangsung di pelataran Polres Kota Sawahlunto, Selasa 16 Mei 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan bahwasanya pelaksanaan Pilkades adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat desa untuk memilih Kepala Desa.

“Polri sebagai fungsi pemerintahan di bidang Harkamtibmas, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat berkewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib dan lancar,” kata Kapolres di hadapan peserta Apel.

“Di kota Sawahlunto pelaksanaan Pilkades dilaksanakan di 3 (tiga) kecamatan, 9 (sembilan) desa, 35 (tiga puluh lima) TPS yang terdiri dari Kecamatan Silungkang 3 desa, 11 (sebelas) TPS, Sedangkan Kecamatan Lembah Segar, 2 Desa, 6 (enam) TPS dan kecamatan Talawi 4 desa, 18 (delapan belas) TPS,” sebut Kapolres Sawahlunto.

Baca Juga  Ucapkan HUT TNI, Kapolres Tanggamus Berikan Bantuan Semen untuk Mushola Koramil Cukuh Balak

Dalam apel tersebut, Kapolres juga menyampaikan enam penekanan kepada Personel Polres guna mendukung terciptanya pengamanan pada Pilkades di wilayah hukum Polres Sawahlunto.

Adapun 6 penekanan yang disampaikan Kapolres Sawahlunto yaitu, Pertama, jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama Kegiatan pengamanan, niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, laksanakan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Ketiga, laksanakan tugas secara profesional, dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di manapun dan kapanpun sebagai wujud representasi negara di tengah masyarakat.

Keempat, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga  BPS Tanah Datar Gelar FGD untuk Wujudkan Satu Data Indonesia

Kelima, dorong para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Keenam, Mantapkan kerjasama, sinergitas, dan soliditas TNI-Polri serta para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan.

“Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ucap Kapolres Sawahlunto mengakhiri Amanatnya.

(Uni)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News

ADVERTISEMENT


ADVERTISEMENT