KNEKS Bahas Optimalisasi Sentra IKM Rendang Kota Padang Mendapat Label RPHB

Kneks Bahas Optimalisasi Sentra Ikm Rendang Kota Padang Mendapat Label Rphb
KNEKS bersama Sekdako Andree Algamar Bahas Optimalisasi Sentra IKM Rendang Kota Padang Mendapat Label RPHB. (f/prokopim)

Mjnews.id – Pemerintah Kota Padang terima kunjungan dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dalam rangka membahas optimalisasi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Rendang Kota Padang untuk mendapatkan label Rumah Produksi Halal Bersama (RPHB) di masa depan. Rombongan KNEKS dipimpin oleh Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Putu Rahwidhiyasa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Algamar, mewakili Wali Kota Padang, memberikan sambutan hangat kepada rombongan KNEKS di Ruangan Lounge Kantor Balai Kota Padang pada Kamis, 10 Agustus 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


Putu Rahwidhiyasa mengungkapkan bahwa sebelum kunjungan tersebut, KNEKS dan kementerian/lembaga terkait telah berkoordinasi secara daring dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk memetakan kebutuhan fasilitasi dalam pengoptimalan sentra rendang di Sumbar, termasuk IKM Sentra Rendang di Kota Padang.

Baca Juga  Jalan Ngalau Baribuik, Akses Wisata dan Perekonomian Baru Warga Batu Gadang Kota Padang

Putu Rahwidhiyasa berharap bahwa Sentra IKM Rendang di Padang dapat menjadi RPHB dengan peningkatan kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan kapasitas produksi, serta mengembangkan UMKM industri halal.

Ia menyebut beberapa fasilitasi yang diperlukan, seperti sertifikasi halal untuk fasilitas produksi, pembiayaan bagi anggota koperasi di SKIM, pelatihan SFM, uji F-0 untuk ketahanan produk, dan perpanjangan sertifikasi halal yang telah ada.

Baca Juga  Wali Kota dan Pejabat Pemko Padang Takziah ke Rumah Dinas Gubernur Sumbar

Sekda Kota Padang, Andree Algamar, mengapresiasi kunjungan KNEKS dan menyatakan bahwa Pemerintah Kota Padang telah memfasilitasi 86 IKM rendang yang memenuhi standar produksi pangan olahan yang baik. Ia menyambut baik masukan dari KNEKS dan menyebut bahwa hal tersebut akan memperkuat upaya menjadikan Sentra Rendang Kota Padang sebagai RPHB.

Algamar juga berharap Sentra Rendang dapat menjadi pusat atraksi wisata di Kota Padang selain sebagai tempat produksi, pemasaran, dan pelatihan.

Selain Sekda Kota Padang, beberapa kepala dinas dan pimpinan OPD terkait juga turut hadir dalam kunjungan tersebut.

(***)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News


ADVERTISEMENT