Polres Sawahlunto Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Polres Sawahlunto Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024
Polres Sawahlunto Gelar Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024. (f/uni)

MJNews.id – Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang digagas Polres Kota Sawahlunto dipusatkan di Lapangan Perbakin Polres setempat yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Purwanto Heri Subekti, pada Rabu 13 September 2023.

Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 ini ditandai dengan Pengucapan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dan juga Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


Kapolres AKBP Purwanto Hari Subekti, dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam rangka antisipasi potensi kerawanan jelang tahapan inti pemilu dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Kota Sawahlunto pada pemilu 2024, maka perlu dilaksanakan deklarasi pemilu damai bersama Forkopimda, Partai Politik, Penyelenggara Pemilu, dan Ormas.

“Deklarasi pemilu damai merupakan sebuah komitmen dalam menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi agar tahapan pemilu terselenggara dengan baik dan sukses, deklarasi hendaknya dilandasi niat dan sungguh-sungguh dilaksanakan,” kata Kapolres.

Kapolres mengharapkan dengan digelarnya deklarasi ini dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran saat kampanye pemilu berlangsung, sehingga pelaksanaan kampanye dapat berjalan dengan damai, tidak ada pelanggaran.

Kapolres Sawahlunto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Forkopimda, penyelenggara pemilu, pimpinan partai politik dan pimpinan ormas atas kehadiran dan kesamaan persepsi sehingga kegiatan deklarasi pemilu damai dapat kita wujudkan.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Deklarasikan Dokumen Final Materi Teknis Muatan Pesisir RZWP3K

Adapun isi deklarasi tersebut yaitu, Mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. Melaksanakan Tahapan Pemilu secara Aman, Tertib, Damai, Berintegritas Tanpa Hoax, Politisasi Sara dan Politik Uang dan Melaksanakan Tahapan Pemilu Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang turut menghadiri kegiatan tersebut dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan deklarasi damai yang berlangsung merupakan kegiatan yang luar biasa dan merupakan suatu proses pemilu yang dilaksanakan sekali lima tahun.

“Pemilu bertujuan untuk memilih dan menentukan arah kebijakan negara ini untuk lima tahun ke depan karena kita akan memilih tokoh-tokoh, pimpinan, presiden dan DPR. Ini adalah proses awal demokrasi di mana masyarakat sebagai pemegang mandat kekuasaan tertinggi mengamanahkan kepada tokoh-tokoh tersebut,” kata Walikota.

Walikota berharap agar tahapan proses pemilu berjalan baik dengan aman dan damai sehingga terpilih tokoh-tokoh dan orang-orang yang kredibel dibidang nya serta sesuai dengan keinginan masyarakat. “Mari kita jadikan momen ini sebagai kesepakatan kita untuk mengwujudkan pemilu damai tahun 2024,” katanya di akhir sambutan.

Baca Juga  Jadi Narasumber di IPDN, Wako Bukittinggi Diberi Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 0310 SSD Letkol Inf Reno Handoko, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu, Kajari Sawahlunto diwakili oleh Kasubsi Intel, Ketua PN Kota Sawahlunto diwakili Hakim Ketua Pengadilan, Ketua KPU, Bawaslu, Ketua FKUB, Ketua LKAAM, Ketua MUI, Pimpinan Muhammadiyah, Ketua Partai Politik, PJU Polres Sawahlunto, dan Personil Bhabinkamtibmas.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai yang diawali oleh Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), Pimpinan atau pengurus Partai Politik Peserta Pemilu, Ormas dan Tokoh Masyarakat selanjutnya penandatanganan oleh Forkopimda Kota Sawahlunto dan diakhiri sesi foto bersama.

(Uni)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News

ADVERTISEMENT


ADVERTISEMENT