Sekitar 1.568 Peserta Telah Mendaftar Ikuti Sawahlunto Geopark Run 2023

Sawahlunto Geopark Run 10K
Sawahlunto Geopark Run 10K. (f/ist)

MJNews.id – Diperkirakan sekitar 1.568 peserta akan mengikuti ajang Sawahlunto Geopark Run 10K yang akan dilaksanakan di Kota Sawahlunto pada Minggu, 10 September 2023. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga Disparpora Kota Sawahlunto, Eko Novianto ketika dihubungi media, Jum’at 9 September 2023.

“Jadi untuk peserta yang sudah mendaftar sampai hari Kamis kemarin, setelah direkap, jumlah sementara, peserta Geopark Run 2023 dari tingkat Sekolah Dasar ada 530 orang, terdiri dari pelajar Putra 348 dan putri 182 orang, untuk pelajar tingkat SMP dan SMA berjumlah 413 orang, dengan rincian putra tingkat SMP dan SMA berjumlah 334. Sedangkan untuk SMP/SMA Putri 79 orang, sementara dari peserta tingkat umum berjumlah 625 orang dengan rincian putra berjumlah 527 orang dan peserta umum Putri berjumlah 98 orang. Jadi total jumlah sementara untuk keseluruhan berjumlah seribu lima ratus 68 orang,” kata Eko.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk pendaftaran sudah ditutup Kamis kemarin, dan dari peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, ada 1 peserta internasional yang berasal dari Kenya.

Untuk rute Geopark Run Ini peserta akan dilepas dari simpang lapas Narkotika Kawasan Kandi dan peserta akan finish di lapangan segitiga kota Sawahlunto.

Ajang Geopark Run 10 K 2023 ini dilaksanakan salah satunya untuk menggelorakan kembali Sport Tourism sekaligus dalam memperingati Hari Olah raga Nasional ke 40.

Baca Juga  Potang Balimau Pangkalan Dibanjiri Pengunjung

“Sport Tourism yang sempat meredup, saat ini akan kembali digelorakan kembali, salah satunya ya melalui ajang ini Geopark Run 2023,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto, Adriyusman, S.Sos, MM menilai, Sport Tourism perlu digelorakan kembali karena banyak memberikan kontribusi yang positif. Selain akan mendatangkan orang ke Sawahlunto, ekonomi dan penginapan juga akan bergerak.

“Jadi diharapkan melalui Sport Tourism ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di Kota Sawahlunto, apakah itu di sektor penginapan, UMKM, jasa dan lainnya,” pungkas Adriyusman.

(Uni)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News

ADVERTISEMENT


ADVERTISEMENT