Pemkab Agam bersama LPER-FEB Unand Selenggarakan FGD Laporan Hasil Akhir Kajian Nilai Tukar Petani

Pemkab Agam Bersama Lper-Feb Unand Selenggarakan Fgd Laporan Hasil Akhir Kajian Nilai Tukar Petani
Pemkab Agam bersama LPER-FEB Unand Selenggarakan FGD Laporan Hasil Akhir Kajian Nilai Tukar Petani. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Agam bersama Lembaga Penelitian Ekonomi Regional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (LPER-FEB Unand) selenggarakan FGD hasil akhir kajian Nilai Tukar Petani di Aula Bappeda, Lubuk Basung, Senin (20/11/2023).

Focus group discussion (FGD) ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kesejahteraan petani yang dikenal dengan Nilai Tukar Petani (NTP). Aspek NTP antara lain harga produk pertanian, biaya produksi, keuntungan, faktor eksternal, kondisi geografis dan diversifikasi usaha.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


NTP merupakan perbandingan antara indeks harrga yang diterima petani (IT) terhadap indeks yang dibayar petani (IB).

“Jika laju peningkatan IT dari IB makan NTP akan meningkat begitu sebaliknya,” ungkap Bupati Agam yang diwakili Kepala Bappeda, Endrimelson, saat memberikan sambutan kegiatan.

Baca Juga  Mak Ganjar Sumbar Bagikan Bibit Mangga kepada Warga Saok Laweh Solok

Ia melanjutkan, pergerakan NTP tersebut akan dapat mengidentifikasi pergerakan tingkat kesejahteraan petani. Selain itu, sasaran yang akan dicapai dalaam pembangunan pertanian menurut RPJMD 2021-2026 adalah meningkatnya pendapatan petani.

“Jika pendapatan petani meningkat, daya beli meningkat maka secara kumulatif akan mendukung meningkatnya pendapatan dan daya beli masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Agam, Endrimelson menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Pelaksana Kajian NTP dan berharap kerjasama terus berjalan.

“Besar harapan kami kerjasama terus berjalan tidak hanya sektpr basis saja, tentu penelitian lainnya pada OPD di Kabupaten Agam,” harapnya.

Baca Juga  Sultan Sebut Target Nilai Tukar Petani dan Nelayan 2024 Jauh dari Ideal

FGD ini dihadiri oleh Tim Pelaksana kajian NTP LPER-FEB Unand, Tim Enumantor NTP, OPD terkait dan peserta yang mencapai 75 orang.

(jef)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News


ADVERTISEMENT