Pemkab Sijunjung Raih Penghargaan Perlindungan Konsumen dari Kemendag

Pemkab Sijunjung Raih Penghargaan Perlindungan Konsumen Dari Kemendag
Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir terima Penghargaan Perlindungan Konsumen dari Kemendag. (f/dicko)

Mjnews.id – Kabupaten Sijunjung berhasil meraih penghargaan Perlindungan Konsumen untuk kategori “Daerah Tertib Ukur Tahun 2022” dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan kepada Bupati Benny Dwifa Yuswir pada kegiatan Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen 2023 di Grand Ballroom Pullman Bandung Grand Central Kota Bandung, Jum’at (10/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


Saat dikonfirmasi, Bupati Benny Dwifa Yuswir mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dagperinkop, khususnya UPTD Metrologi Legas atas upaya yang dilakukan selama ini dalam memberikan pelayanan tera ulang.

“Alhamdulliah kita menerima penghargaan dari Kementerian Perdagangan RI. Kita patut bangga, sebab, Sijunjung menjadi salah satu dari 18 kabupaten/kota se-Indonesia yang menerima penghargaan,” ujarnya.

Dikatakan Benny, penghargaan tersebut bisa didapatkan berkat dukungan dari semua pihak yang telah bekerja keras untuk tertib ukur di Kabupaten Sijunjung.

“Penghargaan ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan dari semua pihak yang telah mewujudkan tertib ukur di Ranah Lansek Manih,” sebut Politisi Partai Golkar itu.

Baca Juga  Luar Biasa! LPKA Tanjung Pati Raih Penghargaan P2HAM dari Kemenkumham

Ia menambahkan hal ini salah satu bentuk perlindungan dari pemerintah kepada masyarakat dan konsumen dalam ukuran yang jelas dan sesuai.

“Mudah-mudahan tera ulang di Kabupaten Sijunjung dapat dipertahankan. Sehingga tidak ada oknum-oknum pedagang nakal yang merugikan konsumen,” tuturnya.

“Tertib ukur ini merupakan hal yang menyangkut keadilan antara pembeli dan penjual. Jangan sampai ada kecurangan dan ada yang merasa dirugikan dalam hal timbangan. Karena ini menyangkut dengan kepercayaan,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Dagperinkop UKP, Yulizar melalui pesan WhatsAppnya juga menyebut penyerahan penghargaan tersebut dilakukan dalam rangkaian acara Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen yang merupakan agenda tahunan Kementerian Perdagangan.

Dijelaskan Yulizar, penghargaan itu diraih atas sinergitas dengan seluruh stakeholder untuk menegakkan kebenaran dalam pengukuran.

“Ada dua kriteria penilaiannya yaitu kriteria utama yang terdiri atas indikator Indeks Unit Metrologi Legal (UML) dan Indeks tertib ukur (UTTP dan BDKT sesuai ketentuan),” katanya.

Baca Juga  Safari Ramadan ke Masjid At Taqwa Nagari Tebing Tinggi, Ini Pesan Bupati Dharmasraya

Kemudian, ada juga kriteria penunjang yang terdiri atas indikator pemahaman masyarakat dan Indeks inovasi pelayanan metrologi legal.

Adapun Inovasi pelayanan Kemetrologian yang telah di gagas UPTD Metrologi Legal Dinas Dagperinkop UKM antara lain layanan Sayang Terulang (Sistim Pelayanan Langsung Tera dan Tera Ulang).

Selain itu, pihaknya juga telah memperkenalkan metrologi kepada siswa sekolah dasar untuk membangun karakter jujur sejak dini.

“Kemudian, juga membantu timbangan standar bagi pelaku usaha mikro melalui Baznas dan melibatkan penyuluh agama untuk mensosialisasikan pentingnya tera dan tera ulang dari sisi hukum agama,” tutup Kadis Dagperinkop. (Dicko)

Baca berita Mjnews.id lainnya di Google News


ADVERTISEMENT