ADVERTISEMENT
BeritaSumatera Barat

Mantap! Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi Pemprov Sumbar Mendapat Predikat Sangat Baik

114
×

Mantap! Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi Pemprov Sumbar Mendapat Predikat Sangat Baik

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. (f/pemprov)

Mjnews.id – Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) Pemprov Sumbar Tahun 2023 mendapat nilai sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, raihan nilai Pemprov Sumbar Tahun 2023 mencapai 76,25 atau berada dalam kategori BB dengan predikat sangat baik.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Capaian itu lebih baik dari raihan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 69,78 atau berada dalam kategori B dengan predikat baik.

Capaian tersebut juga berhasil melampaui target nilai RB Pemprov Sumbar Tahun 2023 yang ditetapkan sebesar 70,01.

“Alhamdulillah, berdasarkan penilaian dari Kementerian PANRB, capaian hasil evaluasi RB Pemprov Sumbar tahun ini meningkat 6,47 poin dibandingkan tahun sebelumnya dan berhasil melampaui target,” ungkap Gubernur Mahyeldi di Padang, Selasa 13 Februari 2024.

Menurut Gubernur, peningkatan capaian tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa pembenahan kualitas kinerja dan layanan yang dilakukannya bersama jajaran telah berjalan baik.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Pasaman Batal Karena Tidak Memenuhi Kuorum Menuai Kontra

“Capaian ini sekaligus membuktikan, bahwa pembenahan yang kita lakukan telah berjalan efektif,” tegas Gubernur Mahyeldi.

Gubernur juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Sumbar yang telah bekerja dengan maksimal untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Terimakasih kepada seluruh ASN. Namun kita jangan lekas berpuas diri, kita harus terus berbenah dan meningkatkan kinerja menjadi lebih baik,” tukuk Mahyeldi.

Sementara Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah, Fitriati mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti rekomendasi dan catatan Kementerian PANRB dalam hasil evaluasi RB Tahun 2023 melalui Rencana Aksi RB General dan RB Tematik Tahun 2024.

“Mengingat RB ini penting, maka untuk mengawal pengimplementasiannya, pada pertengahan Februari ini, kita akan menggelar bimbingan teknis terkait penyusunan rencana aksi RB General dan Tematik di Sumbar dengan mendatangkan narasumber dari Kementerian PANRB,” ungkap Fitriati.

Baca Juga  Perubahan Pola Pikir dan Komitmen Pemimpin, Poin Penting Wujudkan Reformasi Birokrasi

Selain itu, ia juga mengatakan Kementerian PANRB juga telah menerbitkan hasil evaluasi RB terhadap Kabupaten/Kota Tahun 2023. Khusus untuk kabupaten/kota di Sumbar, hasilnya adalah sebagai berikut 5 kab/kota memperoleh nilai BB, 8 kab/kota memperoleh nilai B dan 6 kab/kota memperoleh nilai CC.

Reformasi Birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dengan melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia aparatur.

Pada tahun 2023, Kementerian PANRB juga melakukan penajaman evaluasi reformasi birokrasi dengan lebih menfokuskan pengukuran pada indeks reformasi birokrasi dari sisi dampak kinerja dibandingkan dengan sisi proses yang cenderung bersifat administratif.

(*)

Kami Hadir di Google News