Kemensos

Mensos Gelorakan Semangat Kepahlawanan KPM Bansos di HUT PENA

192
Mensos Gelorakan Semangat Kepahlawanan kepada KPM Bansos di HUT PENA
Mensos Tri Rismaharini gelorakan semangat kepahlawanan KPM Bansos di HUT PENA di Kaza City Mall Surabaya, Sabtu 11 November 2023. (f/humas)

Pria asal Lumajang ini pernah merantau ke Malaysia dan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Saat ini, ia telah memiliki usaha budidaya jamur tiram dan bisa memperkerjakan 7 orang karyawan, Pada tahun 2022, ia menerima bantuan streamer untuk sterilisasi jamur. Bantuan ini mampu meningkatkan produksi jamurnya hinggal dua kali lipat.

“Setelah diberikan streamer itu produksinya jadi naik banyak. Awalnya produksi itu hanya 3.000 – 4.000 bibit jamur per bulan. Setelah dapat streamer bisa dapat 8.000 hingga 9.000,” jelasnya.

Selain Fifit, ada Rifki Adnan Syarif yang merupakan penyandang disabilitas tuna netra low vision dengan jarak pandang dua meter. Saat ini, ia sedang mengikuti rehabilitasi sosial di Unit Pelaksana Teknis Kemensos di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi.

Di sanalah ia mendapatkan pelatihan barista hingga memiliki usaha beromset Rp32 juta per bulan. “Saya bermula dari tidak mengerti apa-apa, dari tidak tau cara mengoperasikan mesin hingga saya bisa mandiri seperti saat ini,” katanya.

Rifki mengatakan ia tidak ingin para pelanggannya membeli produknya karena rasa kasihan. Dengan pemikiran itu, ia selalu memacu dirinya untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Menurutnya, seorang pengusaha harus memiliki pemikiran untuk terus berkarya dan tidak boleh berhenti belajar, serta tidak boleh bergantung dari orang lain.

Sementara itu, PENA telah memberikan banyak kesempatan bagi para KPM yang ingin meningkatkan usahanya. Secara rutin, PENA memberikan berbagai workshop kepada para KPM baik secara online maupun offline. Para KPM dapat menimba ilmu di siaran PENA TV yang dapat diakses melalui youtube, zoom, dan media sosial lainnya.

Para KPM diberikan kesempatan untuk mengikuti workshop literasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan, pengembangan usaha, teknik pengolahan makanan, serta seminar dan konsultasi pengemasan oleh Tatarupa Nusantara.

(rel)

Exit mobile version