ADVERTISEMENT
PeristiwaKabupaten AgamSumatera Barat

Gunung Marapi Masih Keluarkan Abu Vulkanik, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Ruangan

148
×

Gunung Marapi Masih Keluarkan Abu Vulkanik, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Ruangan

Sebarkan artikel ini
Gunung Marapi Masih Keluarkan Abu Vulkanik
Gunung Marapi Masih Keluarkan Abu Vulkanik. (f/amc)

Mjnews.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam mengambil langkah untuk meniadakan kegiatan luar ruangan bagi 38 sekolah yang berada di sekitar Gunung Marapi. Keputusan ini diambil karena Gunung Marapi masih terus mengeluarkan abu vulkanik, yang dapat membahayakan keselamatan siswa dan masyarakat sekitar.

Kadisdikbud Agam, Drs Isra, MPd Dt Bandaro, menjelaskan bahwa dari 38 sekolah tersebut, terdiri dari 32 Sekolah Dasar (SD) dan 6 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekolah-sekolah ini tersebar di Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, dua kecamatan yang terdekat dengan Gunung Marapi.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Pada saat ini, kegiatan di luar kelas, seperti olahraga, upacara, dan kultum, telah dihentikan. Langkah ini diambil untuk mengurangi risiko dampak dari erupsi gunung yang dialami siswa,” ujar Isra, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga  Operasi Pekat Singgalang 2022, Polsek Koto Baru Sita 40 Liter Tuak

Meskipun kegiatan luar ruangan dihentikan, siswa masih dapat melanjutkan pembelajaran tatap muka di sekolah dengan ketentuan harus memakai masker. Selain itu, pihak sekolah diberikan kewenangan untuk mengambil keputusan lebih lanjut jika terjadi peningkatan aktivitas abu vulkanik, termasuk penghentian sementara pembelajaran di sekolah atau langkah-langkah lain yang dianggap perlu untuk keamanan siswa.

Baca Juga  Erupsi Gunung Marapi Sudah 162 Kali Letusan

Keputusan ini diambil sebagai tindak lanjut terhadap kondisi Gunung Marapi yang terus mengalami erupsi, dan bertujuan untuk melindungi siswa dan masyarakat sekitar dari potensi bahaya yang dapat timbul akibat aktivitas vulkanik tersebut.

Kami Hadir di Google News