BeritaKota Sawahlunto

Apel Terakhir di Sawahlunto, Pj Walikota Zefnihan Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah

19
Pj Walikota Zefnihan Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah
Pj Walikota Zefnihan Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah. (f/yuni oktrianti)

Mjnews.id – Penjabat Walikota Sawahlunto, Zefnihan pimpin jalannya Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024 yang dipusatkan di Camping Ground Kandi Kota Sawahlunto, Kamis 25 April 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Zefnihan membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri yang menyampaikan bahwa penyelenggaraan Otonomi Daerah yang bersih dan demokratis, artinya bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun, lanjutnya, harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolok ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan. Sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggung jawabkan kepada rakyat.

Menurutnya, penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis bermakna bahwa pelaksanaan implementasi Otonomi Daerah didasarkan atas aspek kelembagaan bukan atas kehendak seseorang.

“Penyelenggaraan otonomi daerah diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif, demokratis, dan terpercaya. Hal itu menjadi sarat utama terwujudnya tujuan utama otonomi daerah yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, jika penyelenggaraan otonomi daerah mampu diselenggarakan secara bersih dan demokratis kemudian diiringi berbagai inovasi di daerah. Maka mewujudkan Nawa Cita yang merupakan cita-cita kita bersama akan menjadi sebuah keniscayaan.

“Otonomi daerah telah mendorong adanya proses pengambilan keputusan publik yang lebih partisipatif juga demokratis lewat pemilihan Kepala Daerah,” imbuhnya.

Zefnihan berharap dengan adanya peringatan Hari Otonomi Daerah ini bukan sekedar seremoni belaka, tetapi menjadi momentum bagi kita mengevaluasi sudah sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah bermuara kepada kesejahteraan masyarakat disetiap jengkal wilayah Negara Kesatuan RI.

Usai apel, Zefnihan meminta waktu kepada peserta upacara untuk menyampaikan beberapa poin.

“Ini adalah hari terakhir saya di Sawahlunto, karena pada hari ini juga akan dilakukan serah terima jabatan kepada Pj Walikota Sawahlunto yang baru. Untuk itu, terimakasih atas kerja sama yang telah dilakukan selama ini selama Saya menjabat sebagai Pj Walikota di Sawahlunto,” kata Zefnihan.

Diharapkan ASN Sawahlunto dapat terus menjaga kekompakan untuk kemajuan Sawahlunto.

Apel ini juga diikuti oleh Seluruh ASN, pimpinan OPD, Camat, Desa dan Lurah se Kota Sawahlunto.

(Uni)

Exit mobile version