BeritaInfrastrukturPesisir SelatanSumatera Barat

Seluruh Ruas Jalan Nasional yang Terban di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui

259
Seluruh Ruas Jalan Nasional Yang Terban Di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui
Seluruh Ruas Jalan Nasional yang Terban di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui. (f/pemprov)

Mjnews.id – Seluruh ruas jalan nasional yang terban akibat tergerus arus sungai di Kabupaten Pesisir Selatan telah kembali bisa dilalui kendaraan.

Teranyar, jalan yang berhasil diperbaiki berada di Nagari Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Awalnya saat dikunjungi Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada sabtu lalu (9/3), setelah dihantam derasnya aliran sungai, badan jalan tersebut hanya tersisa 25 persen, sehingga sulit dan berbahaya untuk dilintasi kendaraan.

Kondisi tersebut mendapat perhatian khusus Gubernur dan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar untuk segera mendapatkan solusi.

Mengingat sebagian besar jalur-jalur yang terdampak berstatus jalan nasional dan sangat diperlukan untuk pendistribusian bantuan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, kami telah menerima laporan dari masyarakat bahwa jalan yang terban di dekat Pasar Barung-Barung Balantai sejak pukul 23.00 Wib tadi malam sudah bisa dilalui kembali dengan aman dan lancar,” ungkap Mahyeldi di Padang, Minggu 10 Maret 2024.

Dengan demikian, Gubernur Sumbar mengatakan pasca bencana banjir dan tanah lonsor yang sempat membuat akses masyarakat dari dan menuju Kabupaten Pesisir Selatan terputus, saat ini seluruhnya sudah bisa kembali dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Sebelumnya, akses dari dan menuju Pesisir Selatan terputus. Ada jembatan terban di Nagari Palangai, Kec. Ranah Pesisir, ada badan jalan yang terban di Nagari Duku dan di Nagari Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan. Alhamdulillah BPJN telah berhasil membuka semuanya, sehingga saat ini sudah bisa dilalui kembali dengan lancar,” jelas Gubernur Mahyeldi.

“BPJN telah menimbun sawah di sisi kanannya jalan tersebut untuk pengalihan jalur dengan skema pinjam pakai ke masyarakat. Sehingga menjadi lebih aman untuk dilalui pengendara,” tukuk Gubernur Mahyeldi.

Exit mobile version