BeritaPadang PanjangSumatera Barat

Tim Safari Ramadan Pemko Padang Panjang Kunjungi Delapan Masjid, Ini Detailnya

127
Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni
Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni. (f/pemko)

Mjnews.id – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Padang Panjang selalu menurunkan Tim Safari Ramadan untuk kunjungi masjid-masjid dalam bulan Ramadan.

Tim Safari Ramadan yang mengunjungi masjid lengkap dengan Forkompinda dan pemerintahannya.

Jika tidak ada aral melintang, pada Senin (18/3/2024) malam, Tim Safari Ramadan Kota Padang Panjang dipimpin Penjabat Wali Kota, Sonny Budaya Putra akan turun ke masjid-masjid dalam rangka Safari Ramadan 1445 H, tahun 2024.

Bulan Ramadan tahun ini, sekitar Delapan masjid akan dikunjungi tim.

Dalam tradisi kunjungan ke masjid dan Musala, tim akan menyerahkan bantuan atau dana hibah pada masing-masing masjid senilai Rp30 juta.

Kemudian, juga turut diberikan bantuan dana hibah untuk empat musala dengan nilai masing-masing menerima sebesar Rp15 juta.

Hal tersebut disampaikan Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni, Senin 15 Maret 2024 siang di ruang kerjanya.

Bantuan dana hibah diserahkan tahun ini diberikan kepada masing-masing masjid secara giliran, yang dapat bantuan sudah melalui penseleksian dan tidak boleh berturut-turut.

“Di samping bantuan untuk masjid, juga turut diberikan bantuan dana hibah kepada empat buah musala senilai Rp15 juta/ musala,” ujar Erwina.

Erwina mengatakan, puasa tahun ini suasananya jauh berbeda bila dibandingkan dua tahun lalu. Puasa dua tahun lalu, di mana Padang Panjang dan daerah lain baru terbebas dari Covid. Jadi, intensitas dan volume keagamaan tinggi bila dibanding dua tahun belakang.

“Wajar pemerintah daerah sangat antusias sekali menghadapi bulan puasa dan lebaran. Artinya, sebagai kota Serambi Mekah, momen puasa tahun ini jadi titik balik kebangkitan umat dalam mengamalkan syariat islam tanpa ada aturan yang menghalangi,” tuturnya.

Suherdi, secara terpisah menambahkan, Delapan masjid penerima dana hibah tahun 2024, antaranya, Masjid Maimunah Ali (Pasar Usang), Masjid Almunawwarah (Koto Panjang), Masjid Al Muttaqin (Silaing Bawah), Masjid An Nuur (Bukit Surungan), Masjid Al Ikhlas (Tanah Hitam), Masjid Baiturrahman (Bukit Surungan) dan Masjid Ummul.

(*)

Exit mobile version