BeritaPasaman BaratSumatera Barat

Indonesia Darurat Pangan, Direktur Buflo Kementan Ajak Petani Lakukan Tumpang Sari dengan Padi Gogo

167
Direktur Buflo Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman Saat Mengunjungi Kelompok Tani Sumber Rezki Di Jorong Situak Barat Nagari Situak Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Yang Sudah Terbiasa Menanam Komoditi Padi Gogo
Direktur Buflo Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman saat mengunjungi Kelompok Tani Sumber Rezki di Jorong Situak Barat Nagari Situak Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, yang sudah terbiasa menanam komoditi Padi Gogo. (f/pemkab)

“Kita akan usulkan sebagai bagian dari lokasi target produksi beras nasional di wilayah ini. Untuk itu, mari kita mendukung program Darurat Pangan ini. Pemerintah juga akan memberikan bantuan Sarana produksi pertanian (saprodi) kepada petani yang akan menanam Padi Gogo tersebut,” katanya.

Selain itu petani juga akan didampingi oleh penyuluh pertanian,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Risnawanto mengatakan bahwa ketahanan pangan menjadi faktor utama, karena saat ini sudah Darurat Pangan.

Untuk itu, semua pihak diminta agar memikirkan untuk mengantisipasi hal itu.

“Tandanya kita sudah Darurat Pangan, hampir semua bahan pokok mahal, salah satunya beras. Mungkin bagi masyarakat Jorong Situak Barat ini sudah cukup hasil panennya. Namun, masih diharapkan untuk menyokong pangan wilayah lain,” kata Risnawanto.

Untuk itu, kita harus mengantisipasi bagaimana berkoordinasi dan memanfaatkan lahan yang ada. Satu-satunya kembali menanam padi walaupun sudah terbiasa menanam jagung.

“Kedatangan Pak Direktur sangat memberi inovasi dan kami sangat mendukung. Program pemerintah pusat ini kami terima dan kami ucapkan terima kasih. Kami siap mendukung untuk hal itu,” tegas Wabup Risnawanto.

(*)

Exit mobile version