Kabupaten DharmasrayaReligiSumatera Barat

Unik, Masjid Muhammad di Simpang Tugu Nagari Sungai Duo Dibangun Menyerupai Kabah

398

Mjnews.id – Masjid menyerupai Kabah yang berada di daerah Simpang Tugu, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, terlihat unik dan keren ini. Bangunan Masjid menyerupai Kabah ini yang pertama berdiri di Sumatera Barat.

Dilihat di lapangan, Masjid menyerupai Kabah tersebut bernama Masjid Muhammad, yang berdiri dengan luas 15 x 15 meter dengan tinggi lebih kurang 9 meter, dikelilingi dengan tulisan kaligrafi. Lokasi masjid sendiri berdiri dikelilingi perkebunan sawit serta rumah warga sekitarnya.

Ketua Masjid Muhammad, H Heri Saputra yang ditemui awak media pada Sabtu (01/03/2023) mengatakan, pembangunan Masjid Muhammad yang menyerupai kabah ini merupakan ide dan gagasan salah seorang perantau Nagari Sungai Duo sebagai inisiator, bersama masyarakat serta tokoh Nagari Sungai Duo berkeinginan membangun satu masjid di daerah ini.

Pada 2021 lalu dimulai pembangunan Masjid Muhammad sebagai tempat ibadah yang representatif.

“Berdasarkan ini lah masjid ini dibangun, dengan konsep awal berbeda dengan masjid lainnya, berbentuk kabah, karena masyarakat cinta pada Baitullah,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan kepada masjid ini, silakan langsung ke Bank Nagari nomor 7102 0220 23895 1 atas nama Masjid Muhammad Nagari Sungai Duo.

“Dengan adanya Masjid Muhammad yang menyerupai kabah ini akan menjadikan ikon daerah Nagari Sungai Duo khususnya Kabupaten Dharmasraya dan tempat objek wisata religius dan renacana tempat kegiatan manasik haji untuk masyarakat serta tempat pendidikan agama juga,” ungkap Ketua Masjid Muhammad, H Heri Saputra.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Dharmasraya, H Buya H. Aminullah Salam yang ditemui awak media di kediamannya mengatakan, dengan adanya pembangunan Masjid Muhammad yang menyerupai kabah yang dibangun oleh masyarakat tersebut.

Kami sebagai Ketua MUI Kabupaten Dharmasraya sangat terima kasih dan bangga sekali ada Masjid Muhammad yang menyerupai kabah ini, ada kemajuan di bidang agama.

“Kalau dilihat bangunan Masjid Muhammad yang menyerupai kabah ini untuk Sumatera Barat mungkin ini yang pertama kali ada. Alhamduliah kami sangat bangga sekali,” ujarnya lagi.

Semoga dengan adanya bangunan Masjid Muhammad yang menyerupai kabah ini nantinya kegiatan keagamaan akan terlaksana.

‘Pada bulan Ramadan ini saja kegiatan sudah dilaksanakan di Masjid Muhammad tersebut,” kata Ketua Umum MUI Dharmasraya, H Buya H. Aminullah Salam (***)

Exit mobile version