BeritaPasaman Barat

Bappelitbangda Pasbar Lihat Pembuatan Gula Merah dari Kelapa Sawit di Kabupaten Mukomuko

30
Bappelitbangda Pasbar Lihat Pembuatan Gula Merah Dari Kelapa Sawit Di Kabupaten Mukomuko
Bappelitbangda Pasbar Lihat Pembuatan Gula Merah dari Kelapa Sawit di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. (f/pemkab)

Mjnews.id – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bersama Balitbang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berkunjung ke Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Kamis 25 April 2024 untuk melihat langsung proses pembuatan gula merah dari air pohon kelapa sawit yang sudah ditumbangkan.

Kunjungan itu juga merupakan tindaklanjut dari usulan penelitian yang diajukan oleh Pemkab Pasbar melalui Bappelitbangda kepada Balitbang Sumbar.

Kunjungan diikuti oleh Kepala Balitbang Provinsi Sumbar, Bustavedia, Plt. Kepala Bappelitbangda Pasbar, Ikhwanri, Camat Sungai Aur, Muhammad Zenni, perwakilan petani pengrajin Sungai Aur serta rombongan.

Pemkab Pasbar bersama Balitbang Sumbar juga telah melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Kelapa Sawit di Medan. Namun, hasil produksi gula merah dari pohon kelapa sawit di wilayah itu belum maksimal, karena masih membutuhkan banyak campuran dari gula pasir untuk bisa menghasilkan gula merah.

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh bahwa petani pengrajin pembuatan gula merah di Kabupaten Mukomuko telah cukup berhasil dalam mengolah air dari pohon kelapa sawit menjadi gula merah. Inilah yang menjadi keinginan kami untuk melihat secara langsung,” kata Kepala Balitbang Sumbar Bustavedia didampingi Plt. Kepala Bappelitbangda Pasbar Ikhwanri.

Sebelumnya, Pemkab Pasbar bersama Balitbang Sumbar telah mengunjungi petani pengrajin gula merah di Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

Exit mobile version